Percepatan Program BIAN Demi Masa Depan Anak Di Kalbar

Editor: Redaksi author photo
Percepatan Program BIAN Demi Masa Depan Anak Di Kalbar
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menerima kunjungan Kepala Kantor Perwakilan UNICEF Wilayah NTT, NTB, dan Kalimantan, dr. Yudhistira Yewangoe, Supervisor UNICEF Wilayah NTT, NTB dan Kalimantan, dr. Alfian, dan Perwakilan UNICEF Kalbar, dr. Steward Anward beserta Tim UNICEF, diterima langsung Gubernur dan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat pada hari Jumat (10 Juni 2022).

Pertemuan yang diselenggarakan di Ruang Kerja Gubernur Kalbar tersebut membahas upaya meningkatkan cakupan imunisasi rutin pada anak yang sempat mengalami penurunan selama pandemi COVID-19. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah pusat mencanangkan Bulan Imunisasi Anak Nasional yang diperuntukkan bagi anak umur 9 bulan-12 tahun.

Pemberian imunisasi terbukti melindungi anak-anak dari penyakit berbahaya, sehingga anak menjadi sehat dan produktif. Imunisasi juga dapat memberikan dampak yang besar untuk masa depan anak tersebut.

Setelah audiensi, Kepala Dinkes Prov Kalbar, drg. Harry Agung Tjahyadi, M.Kes., memaparkan capaian target Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di Kalbar sampai hari Jumat (10/6) mencapai 23,1 Persen dengan nilai rata-rata nasional 20,8 persen.

"Jadi, kita masih diatas rata-rata nasional. Tapi, ini bukan capaian yang optimal karena sudah 23 hari dan masih ada beberapa hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan BIAN ini, seperti terbenturnya jadwal sekolah ulangan umum dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19," ungkap Kadinkes Prov Kalbar.

Terkait upaya percepatan BIAN di Kalbar, jajaran Dinkes Prov Kalbar  akan melakukan percepatan di beberapa wilayah di Kalbar.

"Mengikuti arahan Gubernur Kalbar, salah satu strategi percepatan yaitu dengan berkolaborasi bersama TNI dan Polri seperti pelaksanaan Vaksinasi COVID-19, serta melakukan pendekatan dan sosialisasi kepada masyarakat sebelum melakukan imunisasi," jelasnya.

Sementara itu, target BIAN Kabupaten dan Kota di Kalbar harus diatas rata-rata nasional karena masih tergolong rendah dan diminta untuk  segera melakukan percepatan capaian BIAN.

"Jadi kita akan memprioritaskan beberapa Kabupaten dan Kota yang masih rendah, kemudian kita pacu percepatan di sisa waktu pelaksanaan BIAN ini. Target kita adalah seluruh Kabupaten dan Kota harus di atas rata-rata nasional," tutup Kadinkes Kalbar. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini