UNIQLO Luncurkan Secara Resmi Batik Motif Collection Spring Summer 2022

Editor: Redaksi author photo
UNIQLO Luncurkan Secara Resmi Batik Motif Collection Spring Summer 2022
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) – Setelah debut pertama tahun 2021 lalu, perusahaan ritel global asal jepang, UNIQLO Indonesia mengumumkan untuk kembali berkolaborasi dengan Bai Soemarlono atau yang dikenal dengan Bai Populo melalui UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo yang telah diluncurkan secara resmi pada 4 April lalu.

Kolaborasi ini merupakan wujud apresiasi terhadap kekayaan seni dan budaya Indonesia melalui perpaduan koleksi LifeWear yang nyaman dan berkualitas dengan desain motif batik eksklusif yang bisa digunakan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Daniel Pieter Sumual - Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia pada saat peluncuran Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo. 

“Sebagai brand global, kami berkomitmen dan mendukung para seniman Indonesia dalam melestarikan budaya Indonesia, salah satunya dengan kembali berkolaborasi bersama salah satu desainer Indonesia Bai Soemarlono melalui koleksi dengan desain eksklusif yang memadukan keindahan dan karakteristik dari Batik Motif namun tetap nyaman dan stylish yang sesuai dengan nilai dan konsep LifeWear, Kolaborasi ini diharapkan bisa memberikan inspirasi berpakaian batik motif khas Indonesia untuk digunakan sehari-hari,” ujar Daniel Pieter Sumual, Marketing Director & E-Commerce Head Business Unit PT Fast Retailing Indonesia. 

Dalam acara launching event UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022, UNIQLO Indonesia bersama Bai Soemarlono mengajak beberapa fashion enthusiast untuk berbagi cara pandang dalam melihat motif batik tidak hanya sebagai tampilan visual, tapi juga sebagai objek yang mampu menyampaikan pesan-pesan serta menimbulkan perasaan tertentu bagi penggunanya.

UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini  diharapkan bisa memberikan pengalaman bagi masyarakat untuk menikmati karya batik sebagai sebuah seni melalui motif-motif sederhana namun penuh makna yang merepresentasikan kekayaan warisan budaya Indonesia. Melalui desain pada kolaborasi tersebut, Bai Soemarlono juga mengangkat nilai-nilai yang membawa masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan untuk kehidupan yang lebih nyaman.


“Dunia kita sedang menghadapi dua tantangan besar yang sangat erat hubungannya: krisis iklim dan efek pandemi. Keduanya hanya dapat diselesaikan jika umat manusia berhenti menggunakan alam sebagai sumber daya dan sebaliknya memahami bahwa kita hanyalah bagian dari alam. Oleh karena itu, setiap kali kita merusak alam, kita merugikan diri kita sendiri. Untuk itu, kami memilih motif Batik untuk UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 ini didasarkan pada filosofi Jawa untuk menghormati alam sebagai ekosistem yang lebih besar. Mereka tidak hanya mencakup harapan untuk perubahan tetapi juga mendorong kita semua untuk bertindak. Kami membuat desainnya dalam skala yang lebih kecil dengan menggunakan warna monokromatik sederhana untuk menekankan gagasan agar hidup selaras dengan ekosistem,” ujar Bai Soemarlono.

UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo ini terdiri dari 9 produk koleksi Batik diantaranya kemeja pria dengan 6 motif dan 6 warna, serta 1 motif blus wanita dengan 3 pilihan warna yang keseluruhan motifnya memiliki makna dan cerita berbeda satu sama lain.

1. Sido Mukti

Pola diagonal bergelombang yang mewakili keinginan untuk saling berhubungan dan karenanya menimbulkan komitmen dan pencapaian. Secara tradisional motif ini dikenakan oleh pasangan pengantin.

Motif ini melambangkan konektivitas terhadap orang lain yang selama pandemi sulit tetapi sangat penting bagi kehidupan. Selain itu, juga melambangkan hubungan dengan alam dimana menyadarkan bahwa kita hanya bagian dari jaringan yang lebih besar.

Pola ini diaplikasikan pada blus wanita dengan 3 warna pilihan yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan. 

2. Tirto Tedjo

Tirto Tedjo melambangkan sungai atau air. Tirto yang berarti air dan Tedjo untuk cahaya, melambangkan aliran cahaya konstan yang melambangkan optimisme. Sekali lagi motif ini membahas dua tantangan utama kehidupan kita saat ini, yakni krisis iklim dan pandemi.

3. Sisik Ikan (Grinsing)

Pola sisik ikan melambangkan perlindungan. Pola ini biasanya digunakan oleh para orang tua untuk membalut bayi yang baru lahir. Secara bahasa “Gringsing” artinya tidak sakit (Gering = sakit dan Sing = tidak) yang diartikan sebagai pelindung bayi dari penyakit. Motif ini juga menyatukan kebutuhan umat manusia akan perlindungan terhadap krisis iklim dan pandemi.

4. Cakar Ayam

Ayam dipandang sebagai hewan yang rajin menggali tanah ketika berburu makanan menggunakan cakar (kaki) melambangkan harapan dan hidup mandiri. Motif ini memiliki kaitan yang kuat dengan hubungan kita dengan alam. Motif ini melambangkan jejak kaki binatang di tanah, di mana semua sumber kehidupan berakar.

5. Air Terkurung

Motif air padat yang terkurung dibuat dengan garis yang digambar tangan membentuk pola kotak-kotak. Namun secara alami, air tidak bisa dikurung karena akan selalu mengalir di luar kandang. Motif ini bermakna bahwa kita tidak boleh mengatur alam, tetapi hanya bisa mengambil bagian kita dalam ekosistem.

6. Bintang

Bintang adalah simbol perlindungan dan energi positif serta memiliki banyak makna spiritual dari iman, harapan dan kejelasan. Motif ini juga menggambarkan sebuah awal yang baru yang mengacu pada perubahan iklim serta pandemi. Pada saat yang sama, ini adalah motif yang sempurna untuk bulan Ramadhan (bintang Ramadhan).

7. Gunung

Gunung melambangkan kemampuan untuk menaklukan atau mengatasi hal tertentu serta merepresentasikan kerja keras dan tekad yang kuat. Motif ini mewakili petualangan baru dan mendorong kita untuk memperluas kehidupan.

Seluruh pelanggan setia UNIQLO Indonesia dapat menikmati UNIQLO Batik Motif Collection Spring/Summer 2022 Designed by Bai Populo mulai 4 April 2022 lalu di website dan aplikasi UNIQLO.COM serta seluruh toko UNIQLO di Indonesia. (tim liputan).

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini