Perbanyak Wirausahawan Di Kubu Raya, Pemkab Gelar Pelatihan Las Listrik

Editor: Redaksi author photo
Sekda Kubu Raya Yusran Anizam Saat Membuka Pelatihan Las Listrik
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kubu Raya menggelar pelatihan las listrik selama 10 hari mulai 4-13 November 2021. Pelatihan diikuti sebanyak 20 peserta dari 6 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengungkapkan pengangguran terbuka di Kubu Raya cukup tinggi. Karena itu, butuh sinergi untuk bersama-sama mengatasinya.

“Salah satu caranya yakni melakukan penguatan peningkatan kompetensi dari masyarakat kita, yakni memberikan pelatihan agar bisa tumbuh bersaing. Sehingga mengurangi permasalahan-permasalahan terkait pengangguran terbuka. Juga mengatasi masalah-masalah ekonomi dan kesejahteraan di masyarakat kita,” kata Sekda Yusran saat membuka kegiatan di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (3/11/2021).

Yusran Anizam mengatakan upaya peningkatan kompetensi dilakukan berdasarkan potensi kompetensi yang ada di masing-masing masyarakat. Dirinya berharap nantinya pelatihan-pelatihan yang digelar dapat diperluas sesuai kebutuhan masyarakat yang multisektor baik di Kubu Raya maupun luar Kubu Raya.

“Kita berharap banyak kepada para peserta pelatihan ini. Karena bangsa ini akan sukses  dan makmur jika banyak wirausahawan. Terlebih di era digitalisasi dan era bonus demografi di mana persaingan semakin ketat,” ujarnya.

Dirinya berharap alumni pelatihan ke depannya dapat membangun tim kerja yang solid. Alih-alih bersaing sesama alumni.

“Bersatu membangun jaringan sampai ke kecamatan-kecamatan. Jangan keduluan orang lain yang masuk kesana. Di era sekarang ini jaringan atau network itu sangat diperlukan. Minimal bisa saling dukung karena dengan kerja sama ini akan menjadi lebih besar,” tuturnya.

Ia menambahkan, alumni pelatihan juga dituntut untuk inovatif.

“Kalau tidak inovatif kita akan ketinggalan. Di era industri 4.0 ini percepatannya luar biasa cepat sekali. Jadi saya harap semuanya tetap harus inovatif,” pesannya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Heri Suprianto mengatakan pelatihan yang digelar pihaknya dimaksudkan untuk membekali keterampilan beserta alat kerja agar peserta dapat menangkap peluang usaha, mengembangkan usaha, maupun berwirausaha.

“Adapun tujuan pelatihan yakni memberikan kontribusi terhadap pemulihan ekonomi melalui penciptaan prakondisi agar mempunyai keberdayaan melakukan usaha dan menghasilkan nilai ekonomi,” paparnya.

Selain itu, lanjutnya, untuk memfasilitasi prakondisi yang mendorong terjadinya perputaran uang transaksi yang dominan internal di Kabupaten Kubu Raya. Pelatihan juga untuk mengimplementasikan resolusi kebijakan Bupati Kubu Raya, yaitu fasilitasi kebijakan pengembangan model peningkatan kemandirian ekonomi dan daya beli keluarga sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019-2024.

“Masing-masing peserta pelatihan diberikan bantuan alat kerja berupa seperangkat alat mengelas listrik terdiri atas mesin las listrik, mesin gerinda listrik, bor tangan listrik, helm las, helm kerja, pelindung dada, penggaris siku, meteran, sepatu kerja safety, dan kacamata las. Peserta juga mendapatkan bahan-bahan praktik,” imbuhnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini