Cegah Seringnya Terjadi Perselisihan Antar Ormas, Dirbinmas Polda Metro Jaya Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo
Dirbinmas Polda Metro Jaya Ajak Ketua-ketua Ormas Bertemu
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)  - Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya, S.H., M.H mengundang Ketua Ormas dan Kesbangpol DKI Jakarta guna bersilaturahmi dan berdiskusi terkait permasalahan konflik yang terjadi antar Ormas di Ruang Rapat Ditbinmas Lt.14 Gd. Promoter Polda Metro Jaya, Selasa, 23 November 2021.

Dalam sambutannya Kombes Pol Badya Wijaya, S.H., M.H mengucapkan terimakasih kepada Ormas yang sudah berkenaan hadir memenuhi undangan; dan selanjutnya akan ada rencana pelaksanaan Apel Besar dan Deklarasi untuk Ormas dan Pam Swakarsa yang akan membahas mengenai perselisihan antara Ormas FBR dan Pemuda Pancasila.

“Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran dan perselisihan antar ormas yang ada mudah-mudahan secepatnya bisa diselesaikan,” ungakp Dirbinmas Po lda Metro Jaya ini.

Kombes Pol Badya Wijaya, S.H., M.H mengatakan menjaga Kamtibmas adalah tugas dari semua elemen masyarakat, seperti Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)  khususnya mesti saling sinergis dalam melaksanakan upaya menjaga dan merawat Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif.

Hal yang sama disampaikan Ahmad Yahya perwakilan dari Kesbangpol DKI Jakarta yang mengajak semua elemen untuk ikut menjaga menjaga dan merawat Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) agar tetap kondusif.

“Seyogyanya memang harus selalu bersama-sama dengan 3 pilar dalam menjaga dan membina Jakarta menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk ditinggali, tujuan Ormas dibentuk adalah untuk membantu menjaga keamanan dan ketertiban agar wilayah yang ditinggali terasa nyaman, Kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga kampung atau daerah kita sendiri, mau apapun itu golongannya bahkan  organisasi atau individu,” ungkapnya.

Selain dihadiri oleh Dirbinmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Badya Wijaya, S.H., M.H. dan Wadirbinmas juga dihadiri oleh Kesbangpol DKI Jakarta Ahmad Yaya; Kasubdit Bhabinkamtibmas; Kasubdit Binpolmas; Panitbinmas dan Bhabinkamtibmas wilayah; Ketua Ormas FBR, Pemuda Pancasila, Forkabi, BPPKB Banten, Laskar Merah Putih, Pemuda Panca Marga, KBPP Polri, Gibas, PSI 92, TTKDH dan Senkom Mitra Polri.

Dari diskusi tersebut semua sepakat untuk ketua Ormas lebih sering bertemu agar lebih Guyub sehingga harus ada penyamaan persepsi dari setiap ormas dan anggotanya agar lebih dewasa dalam berorganisasi.

Hal tersebut  disampaikan perwakilan Ormas BPPKB Banten yang menyampaikan aspirasinya bahwa semua bersaudara, tatanan silahturahmi harus dimulai dari bawah ke atas agar terhindar dari konflik antar ormas.

“Buat kegiatan silaturahmi dari tingkat atasnya hingga ke tingkat bawah agar saling mengenal,” ujarnya.

Sebelum menutup acara, Dirbinmas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Badya Wijaya menyampaikan atas keprihatinan Kapolda Metro Jaya atas kejadian konflik yang terjadi dan berharap hal demikian tidak selalu berulang, sehingga antar ormas harus selalu kompak dalam menyelesaikan suatu permasalahan.

“Kapolda selalu mengedepan preemtif dan preventif untuk penyelesaian konflik, karena represif tidak menjadi solusi, sudah banyak korban dari keluarga kita, sampai kapan hal ini akan berlanjut, ada salah satu treatment untuk menyatukan gardu, sehingga tidak ada wilayah-wilayah kekuasaan,” tegasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini