Kohesi Sosial Siswa SPN Polda Kalbar Asal Papua Barat Lakukan Ini

Editor: Redaksi author photo

Siswa SPN Polda Kalbar Asal Papua Barat
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar yang berasal dari Papua Barat kunjungi beberapa tempat bersejarah di Kalimantan Barat, setelah satu hari sebelumnya mengikuti seminar Kebangsaan bersama Perkumpulan Merah Putih (PMP) Provinsi Kalimantan Barat.

Sebanyak 50 Siswa SPN Polda Kalbar asal Papua Barat ini mengunjungi Museum Provinsi Kalimantan Barat, Keraton Kadriyah Kesultanan Pontianak dan Tugu khatulistiwa Pontianak di Pontianak Utara, Minggu (03/10/2021).

Kegiatan ini adalah bagian dari Program Kohesi Sosial Sekolah Polisi Negara (SPN) yang harus dilakukan oleh siswa SPN sebelum nantinya mereka dilantik menjadi anggota polisi dan bertugas di masing-masing kesatuan.

Kepala Museum Provinsi Kalimantan Barat, Kusmindari Triswati, S.Sn menyambut baik kedatangan siswa SPN Polda Kalbar yang berasal dari Papua Barat.

"Kedatangan Siswa SPN Polda Kalbar asal Papua ini datang dalam rangkaian belajar dan melihat langsung sejarah yang ada di Kalimantan Barat melalui Museum ini," ungkapnya.

Kusmindari Triswati, S.Sn berharap siswa SPN Polda Kalbar ini bisa mengetahui sejarah peradaban masyarakat di Kalimantan Barat dan bisa memperdalam khazanah budaya Nusantara.

Kunjungan siswa SPN Polda Kalbar asal Papua Barat ini diakhiri dengan pertukaran cinderamata baik dari Museum Provinsi Kalimantan Barat dan dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalbar.

Selanjutnya Siswa SPN melanjutkan perjalanan ke Keraton Kadriyah Kesultanan Pontianak dan bertemu dengan Pangeran Mas Perdana Agung Sy Muhammad Fasya Alkadrie S.Kom mewakili Sulltan Pontianak IX, Syarif Machmud Melvin Alqadrie yang saat ini sedang berada di luar daerah.

"Alhamdulillah kami kedatangan tamu istimewa Siswa SPN Polda Kalbar asal Papua Barat, inilah keraton Kesultanan Pontianak yang sudah turun temurun hingga saat ini," Jelas Pangeran.

Pangeran Mas Perdana Agung Sy Muhammad Fasya Alkadrie berharap kunjungan siswa SPN Polda Kalbar asal Papua Barat ini bisa melihat langsung kekayaan budaya yang ada serta keharmonisan antar etnis yang terjalin di Kalimantan Barat.

Dari kunjungan di keraton Kesultanan Pontianak ini siswa SPN Polda Kalbar banyak mengetahui sejarah kerajaan yang ada di Pontianak serta melihat cagar budaya yang ada di Kota Pontianak.

Tampak beberapa siswa SPN Polda Kalbar asal Papua Barat ini yang kemudian mengabadikan momen spesial dan juga membawa oleh-oleh khas kesultanan berupa tanjak dan sarung Melayu Pontianak.

Kunjungan siswa SPN Polda Kalbar asal Papua Barat ini diakhiri dengan mendatangi Tugu Khatulistiwa yang berada di Pontianak Utara dan menyaksikan tugu khatulistiwa dengan di pandu oleh staf dinas Pemuda dan Pariwisata Kota Pontianak.(ej)

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini