Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Moderna, Ini Harapan Dandim 1207/Pontianak

Editor: Redaksi author photo
Dandim 1207/Pontianak Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi Moderna
KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) - Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1207/Pontianak Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. meninjau pelaksanaan Vaksinasi Moderna untuk masyarakat Kota Pontianak yang dilaksanakan oleh Kodim 1207/Pontianak Kodam XII/Tanjungpura bersama Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak dengan menggandeng Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kalbar di Grand Kartika Hotel Pontianak, Senin (30/08/2021).

Dandim 1207/Pontianak Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. mengatakan program Vaksinasi harus dilaksanakan untuk tercapainya Herd immunity, bukan hanya vaksinasi tapi juga harus memadukan 3TI seperti ada tes, tracing, treatment dan indentifikasi.

"Kami mengharapkan tercapainya Herd immunity Kota Pontianak khususnya. Wilayah binaan teritorial Kodim 1207/Pontianak juga termasuk Kabupaten Kubu Raya. Harus seoptimal mungkin kita laksanakan agar masyarakat kita terlindung dari Virus Covid-19," harap Kolonel Inf Jajang Kurniawan, S.I.P., M.M. saat ditemui disela-sela meninjau pelaksanaan Vaksinasi Moderna di Grand Kartika Hotel.

Dikatakannya, Pelaksanaan Vaksinasi yang dilaksanakan hasil kerjasama dengan berbagai pihak seperti PSMTI Kalbar merupakan sebuah langkah yang sangat bagus sekali.

Kerjasama ini menunjukkan adanya kesadaran dari masyarakat sudah meningkat dibandingkan awal-awal dulu. Banyak komunitas termasuk PSMTI Kalbar yang begitu antusias, begitu juga masyarakat antusias melaksanakan vaksinasi.

"Kita berharap, Kota Pontianak bisa secepatnya jumlah penduduknya sudah di Vakainasi. Kita upayakan. Herd immunity disini sudah bagus, dan bisa kembali cepat pulih seperti sediakala sebelum pandemi Covid-19," harapnya.

Sementara, Kadiskes Kota Pontianak dr. Sidig Handanu Widoyono, M.Kes menyampaikan bahwa, Vakainasi Moderna sudah dilaksanakan seminggu yang lalu di beberapa lokasi di Kota Pontianak, termasuk di Puskesmas juga sudah menggunakan vaksin moderna.

"Vaksinasi ini untuk menambah sentral vaksinasi. Untuk mempercepat pelayanan vaksinasi. Mempercepat menyelesaikan kuota Vaksin Moderna di Kota Pontianak. Ada 7.000 sasaran. Insyaallah, disini akan ada setengahnya yang akan divaksin," jelas dr Sidig Handanu Widoyono, M.Kes saat ditemui disela-sela Meninjau Vaksinasi Moderna di Grand Kartika Hotel.

Dijelaskannya, semua jenis vaksin selalu ada kejadian ikutan pasca Vaksin, semua itu kembali pada individu penerima vaksin dan tidak bisa dipastikan, cuma Vaksin Moderna reaksinya lebih tinggi dari Vaksin jenis lain.

"Makanya, kita siapkan obat-obatan. Habis suntik, harus mimum obat," pesannya.

Ketua PSMTI Kalbar, Yo Nguan Cua, mengatakan, pelaksanaan vaksinasi ini hanya untuk masyarakat pemegang KTP Kota Pontianak. Ada 7.000 vaksin pertama dan 28 hari kemudian ada 7.000 vaksin kedua.

Setelah divaksin akan diberikan 10 biji Paracetamol oleh Pemerintah Kota Pontianak sebagai anti nyeri dan anti demam.

Vaksinasi ini didukung oleh Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota Pontianak, Kodam XII/Tanjungpura, Kodim 1207/Pontianak, PSMTI Provinsi Kalimantan Barat, Grand Kartika Hotel Pontianak dan Kapuas Riverside Restaurant.

PSMTI Kalbar juga mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan kepada 7 orang tenaga kesehatan dari Tim Kesehatan Kesdam XII/Tanjungpura yang difasilitasi oleh Kodim 1207/Pontianak untuk mendukung kelancaran kegiatan vaksinasi Moderna kepada masyarakat kota Pontianak.

"Kami mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan atas Kerjasama yang baik dan solid demi kepentingan masyarakat Kota Pontianak khususnya dan Kalimantan Barat pada umumnya. Kiranya kerjasama yang baik dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kota Pontianak," ucapnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini