Kabar Terbaru Proyek Sistem Transaksi Tol Non-Tunai Berbasis MLFF

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) dengan teknologi global navigation satellite system (GNSS) akan diimplementasikan pada 2022.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan hal itu, pekan lalu. Menurut Danang, instalasi dan konstruksi perangkat keras yang mendukung sistem transaksi MLFF ini akan dimulai pada Kuartal IV-2021.

"Dengan demikian pada Tahun 2022 mendatang sudah diimplementasikan 50 persen," ujar Danang. 

Tahun ini juga, BPJT menargetkan disepakatinya kerangka acuan keuangan atau financial framework antara Badan Usaha Pelaksana (BUP) Roatex Ltd Zrt dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemilik konsesi 40 ruas Tol Jadebotabek, Tol Trans-Jawa, dan Tol Bali Mandara.

Untuk diketahui, proyek ini merupakan prakarsa dari badan usaha ( unsolicited project ) asal Hongaria, yakni Roatex Ltd Zrt yang telah disetujui sebagai pemrakarsa proyek sejak 31 Oktober 2019.

Hingga akhirnya, Roatex Ltd Zrt ditetapkan sebagai pemenang lelang Badan Usaha Pelaksana Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) pada 27 Januari 2021.

Keputusan pemenang ini dikukuhkan melalui Surat Penetapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor: PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021.

Proyek KPBU senilai Rp 6,4 triliun untuk masa konsesi sepuluh tahun ini dilandasi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 16 tahun 2017 tentang Transaksi Tol Nontunai. 

Untuk tahap awal implementasi sistem transaksi tol tanpa setop ini akan dilakukan di 40 jalan tol eksisting di Pulau Jawa dan Bali. Dengan mengadopsi sistem ini, pengalaman yang didapat pengguna jalan tol atau user experience akan berbeda dibanding sistem transaksi konvensional.

Pengguna jalan tidak lagi harus melakukan penempelan uang elektronik di gerbang tol (GT), tetapi terdeteksi oleh sensor kamera pintar berteknologi GNSS. (tim liputan).

Editor : Taufik

Share:
Komentar

Berita Terkini