Hari Ini Perkumpulan Basudara Maluku Kalimantan Barat Resmi Di Kukuhkan

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Bermula adanya penugasan beberapa orang dari Maluku di Kalimantan Barat pada tahun 1950 sebagai Anggota Kepolisian, Warga yang berasal dari beberapa pulai dari Pulau Maluku kemudian melakukan temu kangen karena bisa bertemu sesama warga Maluku dari bebrapa kabupaten di Perantauan.

Berawal dari tulah kemudian warga  yang berasal dari Maluku kemudian mengabungkan diri menjadi organisasi tempat berkumpul dan bersilahturahmi yang lkemudian menjadi cikal bakal organisasi dengan Nama Isowaku.

Hal itu disampaikan oleh Nikolas Ketua Perkumpulan Basudara Maluku Kalimantan Barat ketika menceritakan sejarah terbentuknya wadah berkumpulnya Warga dari Pulau Maluku di Kalimantan Barat.

“Dulu Orang tua kami yang pertama ada di Kalimantan Barat itu dalam penugasan yang sebagian besar adalah Polisi membackup Pemerintah Indonesia dalam pengamanan beberapa daerah di Kalimantan Barat ini tersebar di beberapa Kabupaten,lalu mereka berkumpul temu kangen hingga akhirnya terbentuk ISOWAKU dan saat ini kita lakukan musyawarah dan berganti nama organisasi Perkumpulan Basudara Maluku (PBM)’” terang Nikolas.

Nikolas mengatakan Perkumpulan Basudara Maluku ini adalah bagian dari Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalimantan Barat yang baru saja dikukuhkan oleh Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji beberapa waktu yang lalu, Komitmen PBM adalah ikut serta dalammembangun Kalbar dari sisi Sosial Budaya.

Nikolas mengatakan Besok (hari ini, Kamis 17/06 Red) Pengurus Perkumpulan Basudara Maluku (PBM) Kalimantan Barat akan dilantik sesuai dengan hasil rapat pengurus dan orang tua-orang tua dari Maluku sebagai organisasi yang resmi dan terdaftar di Kemenkumham dan Kesbangpol Kalbar.

“Puji Tuhan kami akan lakukan pengukuhan Pengurus Perkumpulan Basudara Maluku (PBM) Kalimantan Barat di Hotel Kapuas Palace tentu dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” ujarNikolas.

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini