Anggota Koramil Seluas Dampingi Bupati

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (BENGKAYANG) - Anggota Koramil 1202-04/Seluas Serka Petrus Rano melaksanakan pendampingan kunjungan Bupati Bengkayang, ke warga peternakan kambing etawa Bapak Ali Solihin, di Dusun Raharja Desa Mayak Kecamatan Seluas Kabupaten  Bengkayang. Rabu ( 09/06/2021)

Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis SE, MM Mengatakan kepada bapak Ali Solihin jangan putus asa menghadapi kesulitan perekonomian di masa-masa Pandemi Covid-19 ini kita harus kokoh dan rajin berusaha menciptakan lapangan kerja agar terbebas dari keterpurukan.

Seperti yang dilakukan seorang peternak kambing etawa, bapak Ali Solihin, Meskipun pandemi Covid-19 menghantui usahanya, dirinya memilih tetap bertahan dan setia dengan Beternak kambing etawa.

Bapak Ali Solihin mengatakan kmbing bantuan yang dia dapatkan sudah berkembang biak, misalnya dari bantuan yang 25 ekor sudah menjadi 55 ekor, untuk pemasaran kambing kami biasa ke wilayah Sambas, Pontianak dan ke Serawak Malaysia," terangnya.

Dengan harga jual kambing usia 6 bulan dijual Rp. 1,1 jt hingga Rp. 1,2 jt perekor, sedangkan untuk kambing bibit dijual Rp. 1,2 jt hingga Rp 1,3 jt perekor.

Lanjutnya, selain menjual susundan kambing, kami juga menjual kotoran kambing seharga Rp. 30 ribu perkarung, Bagi warga yang memiliki kebun lada, kotoran kambing dijadikan pupuk. Sebagian kotoran kambing difermentasi terlebih dahulu sebelum ditabur ke tanaman lada, cabe atau sayuran mayur.

Selaku anggota Koramil 1202-04/Seluas Serka Petrus Rano menyampaikan memberi semangat dan dorongan kepada bapak Ali Solihin untuk pengembangan usaha budidaya ternak kambing etawa. Karena sangat bermanfaat untuk kita semua terutama susu kambing etawa mempunyai keunggulan kandungan gizi yang lengkap yang mampu meningkatkan kesehatan Tubuh, ungkapnya.

"Ia menambahkan, sebagai seorang Babinsa Koramil Seluas akan terus memberikan motivasi yang bermanfaat guna berkembangnya wilayah setempat, salah satunya seperti sekarang ini membina peternak kambing," tutur Serka Petrus Rano. ( Tim Liputan)

Editor : Aan

 

Share:
Komentar

Berita Terkini