Begini Tradisi Warga Gang Tebu Pontianak Barat Di Hari Ke-25 Bulan Ramadhan

Editor: Redaksi author photo
Tradisi Khotmil Qur"an Warga Gg Tebu Pontianak Barat

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Ada Tradisi menarik yang dilakukan Di Bulan Ramadhan, yakni Khatamul Qur'an setelah Menyelesaikan 30 Juz tadarusan warga Surau Jami'atul Muslimin Gang Tebu Tiga, RT 03 RW 05 Jalan Komyos Sudarso, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat, Kota Pontianak, Jumat (07/05/2021).

Hiasan bunga telur dan panggang ayam serta pulut kuning menghiasi diantara tempat duduk Anak-anak maupun orang tua  yang telah menyelesaikan 30 Juz yang sebelumnya diarak keliling Gang dengan Bunga telur yang telah dihias.

Kegiatan ini memang menjadi agenda tahunan warga dalam menyemarakan ramadhan sebanyak 30 anak-anak baik putra maupun putri, satu persatu anak-anak tersebut membacakan tiga puluh surah dijuz 30.

Salah seorang peserta khatamul quran dirangkaian tadarus yang digelar yakni Muhammad Rizky dan adiknya Rizka mengaku senang bisa menyelesaikan bacaan Al-Quran setiap malam tadarusan akhirnya selesai 30 dalam tiga kali khatam.

Bunga telur dan ayam panggang yang dibawa dari rumah diarak bersama teman-teman lain yang juga menyelesaikan tadarusan tiga puluh juz selama ramadhan.

"Ya perasaannya senang sekali karena bisa menyelesaikan bacaan tadarusan sampai di malam ke 26 sudah sepuluh kali hatam, yang senang lagi diarak keliling tadi," ungkap Rizky bahagia.

Sementara itu ketua panitia Syafarudin mengatakan kegiatan ini memasuki tahun kedua, dan masih ditengah pandemi covid-19 serta tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dalam pelaksanaanya, menggunakan masker selama di dalam ruangan, serta mencuci tangan sebelum masuk ke dalam ruangan.

"Ini kegiatan tahun kedua kami di Surau Jami'atul Muslimin menghatamkan Al-Quran 30 juz dan mengarak anak anak keliling gang sebagai penyemarak hataman tadarusan,' ungkap Syafarudin.

Syafarudin menambahkan kegiatan ini terselenggara berkat semangat dan gotong royong warga sehingga dapat berjalan lancar, sebab masing-masing anak membawa pohon telur dan panggang ayam dari rumah.

Untuk jadwal tadarus sendiri Ibu-ibu dimulai bada  sholat subuh, Bapak-bapak dan Anak-anak selesai sholat tarawih.

Rusdi Yahya selaku penasehat Surau Jami'tul Muslimin mengapresiasi semangat dan kecintaan anak-anak terhadap Al-Quran, dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak semangkin giat membaca Al-Quran terlebih di bulan puasa yang pahala akan dilipat gandakan.

"Alhamdulilah anak-anak semangat dalam menghatamkan Al-Quran dengan tadarusan setiap malam, dan mereka khatam tiga kali selama Ramadhan 1442 H ini," ungkap Rusdi.

Usai membaca Al-Quran dan mengkhatamkannya, bunga telur dan ayam panggang yang disediakan dibagikan kepada seluruh Jemaah Surau yang hadir dan dimakan bersama.

“Selain meningkatkan kecintaan terhadap Al-Quran kegiatan ini juga diharapkan bisa memotivasi anak-anak dan warga untuk tidak berhenti membaca Al-Quran tidak hanya di bulan Ramadhan,” tutup Rusdi Yahya. (samsul).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini