Disperindagkop Dan BPOM Lakukan Sidak Pasar Di Kubu Raya, Ternyata Ini hasilnya

Editor: Redaksi author photo
Disperindagkop dan BPOM Kubu Raya Sidak Pasar jelang Hari Raya Idulfitri

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Jelang Hari Raya Idul Fitri Disperindagkop Kabupaten Kubu Raya lakukan inspeksi mendadak (SIDAK) di sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan Kecamatan Rasau Jaya dan Kecamatan Sungai Raya, Selasa (27/04/2021).

Sudah menjadi agenda rutin setiap menjelang Hari Raya Idul Fitri Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM bersama BPOM melakukan Inspeksi Mendadak di sejumlah pasar, tak hanya agen-agen di Pasar Tradisional namun Supermarket di sekitar Kecamatan tersebut juga tak luput dari pemeriksaan tim gabungan ini.

Dan dari Sidak tersebut masih ditemukan snack kemasan tak memiliki stampel kadaluarsa, kaleng yang penyok dan gudang yang kurang bersih serta peletakan bahan makanan berdekatan dengan detergen.

Kepala Disperindagkop Kabupaten Kubu Raya, Norasari Arani menyebut jika dalam sidak tersebut masih ditemui snack kemasan tak memiliki stampel kadaluarsa atau komposisi bahan karna penjual kerap membeli secara besar kemudian mengemas sendiri snack tersebut, minuman atau makanan kaleng yang tidak layak.

Tak hanya itu petugas juga turut mengecek gudang penyimpanan produk, petugas masih menemukan pemilik toko menyimpan makanan berdekatan dengan detergen.

"Kondisi gudang juga masih belum layak, yakni pemeliharan yang dilakukan belum optimal sehingga dikhawatirkan dapat mengundang serangga, tikus dan sebagainya," jelas Norasari.

Sehingga dirinya meminta pemilik toko harus memahami hal tersebut, karna dapat berdampak pada barang yang disimpan di gudang jika tidak disimpan atau dibersihkan dengan baik.

"Saya berpesan kepada masyarakat yang akan berbelanja memenuhi kebutuhan jelang Hari Raya agar lebih selektif dalam memilih barang, melihat tanggal kadaluarsa atau bahkan label halal, serta memeriksa apakah barang tersebut dalam kondisi rusak atau tidak," pungkasnya. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini