UPT Kesatuan Hutan Kab Kubu Raya Turut Serta Tangani Karhutla

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kab Kubu Raya, M Ari Susandi, S. Hut, terus memantau dan ikut melakukan pemadaman kebakaran lahan dan hutan yang terjadi dikawasan lahan dan hutan Kab Kubu Raya.

Hal ini disampaikan M Ari Susandi, S. Hut ketika ditemui kalbarnews.co.id terkait penanganan kebakaran lahan dan hutan yang terjadi baru-baru ini, Jumat (05/03/2021).

“Tentu dalam hal ini pihak kami bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab Kubu Raya,” terangnya.

Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kab Kubu Raya, M Ari Susandi mengatakan ketika ada informasi dimana diketahui ada titik api petugas UPT Kesatuan Pengelolaan  Hutan yang terdiri 10 orang selalu bergerak melakukan pemadaman.

“Kami selalu siap dan siaga,” tegas Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan ini.

M Ari Susandi menjelaskan yang menjadi kendala bagi petugas UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan adalah masalah kendaraan ketika untuk masuk ke lokasi kebakaran tidak bisa masuk, sehingga untuk membawa peralatan saja mengalami kesulitan.

“Kami hanya bisa menggunakan kendaraan yang kecil saja ketika masuk ke lokasi kebakaran, kemudian masalah lain yaitu air yang menjadi masalah di hutan kebakaran selalu tidak ada airnya sehingga kami sangat sulit juga untuk mendapatkan air,” tambahnya lagi.

Untuk daerah kebakaran di Kabupaten Kubu Raya sudah terdetiksi ada berberapa titik api seperti di Kecamatan Sungai Raya, Sungai Kakap dan Rasau Jaya, disamping itu juga ada juga kebakaran lahan gambut di perbatasan Kota Pontianak dan Kab Kubu Raya sehingga membuat pihaknya kuwlahan.

“Tetapi dalam hal.itu tentu kami sangat mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemda Kubu Raya yang telah turut serta mengatasi kebakaran api dengan menurunkan alat berat untuk membuat saluran pembatas di setiap lahan gambut untuk.mengatasi agar tidak terjadi kebakaran (Lei).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini