PPI Edufest Pamerkan Pendidikan Luar Negeri Virtual Terbesar di Indonesia

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Pandemi COVID-19 tak menyurutkan semangat generasi muda Indonesia untuk terus mengembangkan ide-ide kreatif melalui berbagai kegiatan positif, seperti yang dilakukan Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) bersama Direktorat Festival Luar Negeri PPI Dunia.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) berhasil menggelar Grand Opening “Persatuan Pelajar Indonesia Education Festival 2021” atau yang biasa disebut “PPI Edufest 2021” dengan mengusung tema “Journey of The World Education Across Indonesia”.

Acara tersebut diselenggarkan melalui platform Zoom Cloud Meetings dan disiarkan langsung melalui YouTube Channel PPI Dunia dan dihadiri 150 peserta dan menjadi tanda dibukanya serangkaian acara PPI Edufest 2021.

PPI Edufest 2021 merupakan kegiatan pameran pendidikan luar negeri virtual terbesar di Indonesia yang melibatkan Mahasiswa-mahasiswi Indonesia di 48 negara di dunia yang berlangsung dari bulan Februari hingga Mei 2021.

Mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang tersebar di berbagai negara terjun langsung dalam memberikan informasi terkait beasiswa yang ada di negara studi kepada seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki minat dan keinginan untuk belajar di luar negeri baik melalui beasiswa ataupun non-beasiswa.

Kegiatan ini disebarkan secara menyeluruh ke 34 provinsi Indonesia yang terbagi menjadi 8 wilayah mulai daro Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Indonesia Timur, Nusa Tenggara dan Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Barat dan diakhiri di Ibukota Indonesia yaitu Jakarta dan Banten. 

Duta Felari yaitu representatif  Direktorat Festival Luar Negeri PPI Dunia juga diikutsertakan dan berpartisipasi aktif menyolialisasikan kegiatan ini.

PPI Dunia merupakan organisasi yang menaungi seluruh pelajar Indonesia yang saat ini tengah mengenyam pendidikan di luar negeri.

Program unggulan PPI Edufest merupakan  bentuk pengabdian PPI Dunia  untuk membantu mewujudkan cita-cita leluhur bangsa yang termaktub dalam pembukaan UUD 1945 pada alinea ke-empat yaitu “Pemerintah Negara Republik Indonesia melindungi segenap bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, dan mencerdaskan kehidupan bangsa”.

Melalui PPI Edufest ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan menjadi sarana edukasi kepada seluruh masyarakat Indonesia sebagai motivasi untuk terus meraih pendidikan hingga ke luar negeri.

Grand Opening PPI Edufest yang dilaksankan pada hari Jumat (19 Februari 2021) berlangsung selama kurang lebih dua jam yang dimulai pada pukul  14.00 hingga 16.00 WIB berjalan dengan lancar.

Acara ini diawali oleh sambutan oleh Ketua Pelaksana PPI Edufest 2021 Dyhan Ramadhan, Koordinator Perhimpunan PPI Dunia Periode 2020/2021 Choirul Anam, dilanjutkan dengan penyampaian Keynote Speech oleh Deputi Menteri Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Republik Indonesia Prof. Dr. R. Agus Sartono, MBA.

Grand Opening PPI Edufest dibuka serta diresmikan langsung oleh rektor Institut Pertanian Bogor sekaligus Ketua Forum Rektor Indonesia Prof. Dr. Arif Satria, S.P,,M.Si dilanjutkan dengan penampilan dari Anabelle Maria serta diakhiri dengan special speech oleh CEO Schoters Radyum Ikono, Ph.d yang mensponsori kegiatan ini.

Selama 4 bulan kedepan, PPI Edufest akan dilangsungkan secara eksklusif melalui platform Zoom Cloud Meetings. Setiap wilayah akan disuguhkan pameran pendidikan yang akan terbagi menjadi 3 sesi yang terdiri dari benua dunia yaitu Asia-Osenia, Timur Tengah Afrika dan Amerika Eropa, yang akan diisi oleh narasumber yang berasal dari negara dan kawasan benua yang berbeda pada setiap sesinya.

Peserta diberikan kebebasan dan dapat memilih sesi yang tersedia sesuai tujuan negara yang mereka inginkan. Peserta juga dapat mendaftar melalui website resmi PPI Edufest 2021 yaitu edufest.ppi.id serta Instagram @ppi.edufest untuk mendapatkan informasi lengkap terkait kegiatan ini.

PPI Edufest 2021 hingga saat ini telah sukses dilaksanakan pada wilayah Sumatera selama 2 hari sejak 20-21 Februari 2021 sebagai wilayah pertama dalam pameran pendidikan luar negeri virtual terbesar di Indonesia ini. 

Gubernur Bangka Belitung Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E,, M.M dan Ketua BPK RI 2014-2017 Prof. Harry Azhar Aziz, M.A,,Ph.D,,CSFA turut berpartisipasi dalam membuka rangkaian pameran pendidikan di wilayah Sumatra.

Putra putri bangsa dengan jenjang yang berbeda dari S1 hingga ke S3 yang sedang menempuh studi di negara Malaysia, Singapura, Belanda, Jerman, Libya dan Mesir juga diikutsertakan dalam menjadi pembicara pada pameran pendidikan wilayah Sumatra.

Pameran pendidikan luar negeri virtual ini berhasil menarik perhatian kurang lebih 1400 peserta yang mendaftar secara resmi melalui website edufest.ppi.id dan mendapatkan total jumlah peserta 409 dari sesi pertama hingga sesi ketiga.

PPI Edufest juga menargetkan untuk menggaet hingga 12.000 peserta dari seluruh Indonesia. Setelah berhasil terlaksana di wilayah pertama, PPI Edufest akan berlanjut ke wilayah selanjutnya yaitu Kalimantan pada 6 Maret 2021 mendatang.

Pameran ini akan terus berlangsung hingga 4 bulan kedepan dan direncanakan berakhir di wilayah Jakarta dan Banten. Acara ini disponsori oleh Schoters lembaga pendidikan studi ke luar negeri yang membantu siswa untuk dapat melanjutkan pendidikan nya ke luar negeri, membantu mendapatkan beasiswa dan pengurusan visa.

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai Schoters, peserta dapat mengikuti instagram resmi schoters yaitu @schoters. PPI Edufest juga mneggandeng community partner dan media partner yang berasal dari instansi berbeda serta Badan Eksekutif Mahsiswa (BEM) universitas-universitas di Indonesia yang akan membantu mempublikasikan dan mensosialisasikan acara PPI Edufest 2021 selama 4 bulan kedepan. (Sumber : Nasrullah Anugrah Miftahul Qarib, Ketua Divisi Hubungan Masyarakat PPI Edufest 2021, PPI Malaysia/Budi Gautama)

Editor : Aan.

Share:
Komentar

Berita Terkini