-->

BREAKING NEWS

HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG LANDA BEBERAPA DAERAH DI KABUPATEN KUBU RAYA DAN KOTA PONTIANAK, HARI INI, RABU 903/03/2021) SEJUMLAH WARTAWAN KUBU RAYA IKUTI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DI KABUPATEN KUBU RAYA, WAKIL BUPATI KUBU RAYA, SUJIWO DIDAMPINGI ISTRI, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR, MARIA LESTARI DAN KETIA DPRD KAB KUBU RAYA BESERTA PENGURUS GAB ORGANISASI WANITA KAB KUBU RAYA LAKUKAN PANENRAYA TOMAT DI BALAI BENIH PDI-P KALBAR JALAN ARTERI SUPADIO, ANGGOTAA DPD RIDAPIL KALBAR, YANG JUGA KETUA IKBM KALBAR, H SUKIRYANTO HADIRI KEGIATAN UPGREDING MWCNU KECAMATAN KUALA MANDOR B DI PONPES AL-IKHLAS, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR DARI PARTAI GOLKAR, MAMAN ABDURAHMAN, ST MINTA PEMBAKAR LAHAN DAN HUTAN DITINDAK TEGAS, HUJAN MULAI MENGUYUR BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA, SEPERTI DI KECAMATAN RASAU JAYA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KECAMATAN SUNGAI KAKAP DAN KEC SUNGAI AMABAWANG, DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

GeNose C19 Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM Yogyakarta Akan Ada Di Kubu Raya

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Guna menekan pandemic Covid-19 di Kabupaten Kubu Raya, Bupati Muda Mahendrawan mendatangi langsung UGM Science Techno Park, Kalasan, Sleman, Yogyakarta guna memesan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 buatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Jumat (5/2) lalu.

GeNose adalah alat deteksi Covid-19 GeNose C19 buatan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang dapat mendeteksi melalui embusan nafas dalam waktu sangat cepat, yakni sekitar 80 detik.

Selain deteksi cepat dengan akurasi tinggi, alat ini juga sangat ekonomis. Di mana satu unit GeNose seharga Rp 40 juta dapat digunakan untuk 100 ribu pemeriksaan. Izin edar GeNose sendiri telah turun pada 24 Desember tahun lalu.

"Begitu mendengar, melihat, dan membaca, kita melihat GeNose C19 ini meringankan beban dengan akurasi yang baik dan bagi masyarakat dengan meniup ini tidak terlalu membuat kurang nyaman," kata Muda Mahendrawan usai mencoba GeNose C19.

Muda mengapresiasi UGM atas kontribusi dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19. Sebab teknologi GeNose C19 sangat membantu pemerintah dan masyarakat mencegah dan mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillah, kami semangat sekali datang kesini sekaligus ingin memberikan apresiasi kepada UGM atas dedikasinya untuk negeri. Karena GeNose C19 ini juga menjadi solusi yang sangat membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah termasuk pemerintah daerah dalam pencegahan, penanganan, dan pengendalian pandemi Covid di berbagai daerah di seluruh Indonesia,” kata Muda Mahendrawan kepada Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna Sugarda, yang menyambutnya bersama seluruh tim peneliti penemu teknologi GeNose.

Muda mengatakan GeNose bisa menjadi solusi efektif dalam mendeteksi Covid-19. Menurutnya, kehadiran alat tersebut sangat meringankan beban pemerintah dan masyarakat. Karena itu, pihaknya langsung memesan GeNose.

“Saya kesini bersama sekretaris daerah dan jajaran, kita nanti akan diskusi. Untuk awal ini beberapa unit. Ini sangat meringankan beban masyarakat dan semua ingin menggunakan alat ini,” ucapnya. “Tanggal (15 Februari) kalau sudah selesai produksi katanya sudah bisa dikirim,” lanjutnya.

Wakil Rektor UGM Bidang Kerja Sama dan Alumni, Paripurna Sugarda, menyebut Muda Mahendrawan sebagai kepala daerah pertama yang berkunjung langsung ke UGM Science Techno Park. Karena itu, dirinya mengaku merasa sangat terhormat.

“Matur nuwun sanget Pak Bupati. Kehormatan bagi UGM dikunjungi Pak Bupati sebagai alumni UGM yang luar biasa,” ucapnya.

Paripurna mengungkapkan saat ini pemesan GeNose C19 semakin banyak. Pemesan berasal dari  lintas kalangan. Mulai lingkungan industri, rumah sakit, hingga pemerintah daerah. Alhasil UGM pun cukup kewalahan memenuhi permintaan tersebut.

"Sekarang ini kami kewalahan, pesanan datang terus setiap hari," ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini jumlah alat yang dipesan mencapai ribuan. Menurutnya, permintaan akan semakin banyak dari hari ke hari. Karena itu, pihaknya akan mempercepat produksi GeNose.

"Banyak sekali. Yang pesan tiga ribuan dan akan menanjak terus. Kita akan mempercepat produksinya, kita cari terobosan supaya kita bisa memproduksi lebih banyak," ungkapnya.

Mengejar target produksi, Paripurna mengatakan akan bekerja sama dengan perusahaan.

“Sampai akhir bulan tiga ribuan. Nah, untuk meningkatkan produksi, kita bisa kerja sama dengan perusahaan. Sekarang yang mengerjakan banyak yang usaha menengah,” jelasnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini