Bupati Muda: MTQ Adalah Aset Yang Luar Biasa Membentuk Karakter Generasi Qurani

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID  (KUBU RAYA) – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan berikan Apresiasi terlaksananya MTQ Kecamatan Sui Kakap yang digelar selama 6 hari mulai 5-11 Februari 2021, Muda menyebut pergelaran MTQ sebagai aset yang luar.

Hal tersebut disampaikanya saat hadiri penutupan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) VII tingkat Kecamatan Sungai Kakap di Lapangan Sepak Bola Desa Sungai Rengas, Jumat (12/02/2021).

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan tidak saja mengapresiasi pelaksanaan MTQ yang disebutnya sukses, tapi juga menyebut pergelaran MTQ sebagai aset yang luar biasa.

“Kenapa? Karena modal aset seperti ini merupakan generasi qurani yang sangat-sangat dibutuhkan. Kita tahu bahwa ini tidak hanya ajang kompetisi sekaligus silaturahmi, tapi tentu juga syiar dan yang terpenting menancapkan karakter generasi qurani itu,” tuturnya.

Dalam konteks pengembangan tilawatil Quran, Muda mengatakan MTQ juga menjadi tolak ukur keberhasilan pembinaan yang dilakukan mulai dari tingkat desa. Dan Kabupaten Kubu Raya, menurut dia, mampu membuktikan keberhasilan pembinaan tersebut dengan tampilnya qari-qariah Kubu Raya mewakili kafilah Kalimantan Barat di ajang MTQ tingkat nasional beberapa tahun terakhir. 

“Sungai Kakap sebagai salah satu kontributor untuk kafilah yang mewakili Kubu Raya di setiap ajang tingkat provinsi bahkan nasional. Alhamdulillah Kubu Raya sampai hari ini mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas qori-qoriah kita di level nasional khususnya pada dua MTQ nasional terakhir di Sumatra Utara dan Sumatra Barat,” tuturnya.

Lebih jauh Muda Mahendrawan mengapresiasi pelaksanaan MTQ VII Kecamatan Sungai Kakap yang dinilainya sukses. Ia menyebut Sungai Kakap sebagai kecamatan yang punya tradisi sangat baik dalam setiap pergelaran MTQ mulai dari tingkat desa.

“Saya tahu persis pada setiap MTQ tingkat desa sekalipun sudah sangat luar biasa antusias dan penyelenggaraannya. Dan level MTQ tingkat kecamatan ini juga selalu menyaingi pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten,” sebutnya. “Pelaksanaan MTQ Sungai Kakap ini luar biasa. Semua elemen terlibat dalam pelaksanaannya,” ia menambahkan.

Camat Sungai Kakap Rusdety mengapresiasi panitia dan semua pihak yang telah bekerja keras menyelenggaran MTQ meski di tengah pandemi. Ia mengungkapkan MTQ VIII tingkat Kecamatan Sungai Kakap tahun 2023 mendatang akan digelar di Desa Punggur Kapuas.

“Terpaksa harus melalui voting karena ada dua desa yang mengajukannya, yaitu Punggur Besar dan Punggur Kapuas. Namun setelah melalui proses promosi dari dua desa tersebut, kami tetapkan Desa Punggur Kapuas terpilih menjadi tuan rumah MTQ VIII tingkat Kecamatan Sungai Kakap untuk dua tahun ke depan,” ungkapnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini