Ketinggian Banjir Capai 4 Meter, Warga Kab Landak Tak Sempat Selamatkan Harta Bendanya

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (LANDAK) - Sudah empat hari Kabupaten Landak di landa banjir yang cukup tinggi khususnya di Desa Hilir Kantor Kecamatan Ngabang rumah warga terendam hingga 4 meter, Alhasil akibat banjir tersebut pun warga hanya dapat menyelamatkan barang–barang seadaanya saja Selasa (19/01/2021 ) Pagi.

Sungai Landak di Kabupaten Landak Kalimantan Barat kembali meluap hingga menyebabkan permukiman warga di tiga desa terendam banjir, ketinggian air pun  mencapai 4 meter,  lokasi yang terendam banjir di antaranya Desa Raja, Desa Hilir Kantor dan Desa Hilir Tengah di kecamatan ngabang, akibat banjir yang cukup tinggi tersebut warga pun sempat mengungsi sementara waktu.

Ditemui langsung oleh redaksi kalbarnews.co.id Junaidi warga Desa Hilir Kantor menjelaskan saat banjir melanda dirinya tidak dapat menyelamatkan seluruh harta benda hanya barang seadanya yang dapat di selamatkan seperti pakaian televisi dan kulkas, sedangkan barang–barang lainya dibiarkan terendam.

"Jika kini banjir di desa nya sudah berangsur- angsur surut, untuk bantuan sendiri kami juga telah mendapat bantuan mie instan dan makanan siap saji," tutur Junaidi.

Anita, warga Desa Hilir Kantor lainya mengungkapkan jika dirinya tidak berhasil menyelamatkan harta bendanya dikarenakan banjir sudah terlanjur menenggelamkan rumahnya, Anita mengaku banjir di wilayahnya sudah tiga kali terjadi.

"Untuk banjir yang terjadi saat ini saya ndak bisa selamatkan harta benda saya karena banjir sangat cepat naik dan merendam semuanya, sampai saat ini saya belum mendapatkan bantuan dari mana pun," Jelas Anita.

Sementara itu Hajikur Ketua RW setempat mengatakan banjir sudah melanda sejak kamis kemarin pada saaat 2020 lalu banjir juga melanda desanya, namun tidak separah saat ini.

Hajikur mengatakan banjir kali ini lebih besar dari biasanya oleh karena itulah banyak warga yang menjadi korban banjir karena tidak menyangka akan sebesar ini.

"Walaupun banjir merendam rumah warga namun warga mendapat keuntungan yakni melimpahnya ikan yang hanyut ke pemukimannya, " Pungkas Hajikur. (bian).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini