Muda Ajak Kepala Desa se-Kabupaten Kubu Raya Progresif dan Inovatif

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Ratusan Kepala Desa se Kubu Raya ikuti Rapat Kerja Kepala Desa se-Kabupaten Kubu Raya di Hotel Gardenia Kubu Raya, Jl Arteri Supadio Sungai Raya, Senin (23/11/2020). 

Dalam sambutanya Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan meminta seluruh kepala desa untuk progresif dan inovatif. Menurutnya, era digital dan globalisasi harus disikapi dengan lompatan gagasan. Bukan sekadar langkah biasa dan rutinitas. 

“Sekarang dunia bergerak cepat. Kita hidup di era digital dan global. Karena itu itu langkah-langkah tidak bisa yang sifatnya biasa-biasa dan rutinitas. Namun harus yang capaiannya berupa lompatan jauh. Karena kalau tidak begitu, maka tidak akan bisa mengejar solusi masalah,” tuturnya.

Muda mengatakan jabatan kepala desa dihadapkan pada berbagai “menu” masalah. Karena itu, yang harus menjadi fokus adalah upaya mencari solusi. Yakni solusi yang konkret dirasakan semua masyarakat. Dan upaya mencari solusi tersebut harus dilakukan dengan melibatkan semua elemen di desa. 

“Langkah kebijakan yang dilakukan adalah mengepung masalah supaya bisa dicarikan langkah yang lebih tepat untuk menyelesaikannya dengan baik. Karena bekerja harus terukur. Rumusnya adalah fokus, masif, terukur, dan berdampak. Supaya kita tahu capaiannya sampai di mana,” jelasnya. 

Ia menegaskan kerja terukur menjadi keniscayaan. Sebab tanpa indikator yang jelas, dikhawatirkan kepala desa akan terlena dengan rutinitas. Padahal sejatinya ada banyak potensi masalah yang siap mengancam. 

“Supaya tidak terlena, dibangun paradigma bagaimana melihat hal-hal yang ada di sekitar kita, sejauh mana kita masih melihat adanya pembiaran-pembiaran yang ada di hadapan kita. Persoalan-persoalan hak-hak dasar masyarakat, apakah memang masih ada pembiaran,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Ampera Raya Kec Sungai Ambawang, Junaidi Raja mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Kepala Desa se-Kabupaten Kubu Raya.

Raja mengatakan dengan adanya kegiatan ini bisa saling bertukar informasi perkembangan Desa serta bisa melakukan hal yang bisa membuat desa maju dan mandiri serta sinergis dengan pemerintah Kabupaten Kubu Raya. (tim liputan).

Editor : Heri K

 

Share:
Komentar

Berita Terkini