Begini Cara Mahasiswa Untan Produksi Handsanitizer Yang Sempat Langka di Pasaran

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Pada awal Penyebaran Virus Covid-19 ketersediaan Handsanitizer sempat alami kelangkaan karena membeludaknya masyarakat mencari handsanitizer yang dibutuhkan untuk melindungi diri dari virus covid-19.

Hal itu tentu saja sempat membuat harga Handsanitizer melonjak tinggi dan langka di pasaran, namun tahukah anda jika handsanitizer dapat di produksi sendiri di tangan Mahasiswa dan Mahasiswi Untan Handsanitizer dengan bahan kulit jeruk laku di pasaran, lalu seperti apa pembuatanya berikut informasinya untuk anda, Sabtu pagi (14/11/2020).

Ada banyak cara guna mencegah sebaran virus corona, selain menjaga jarak, cuci tangan dan menggunakan masker, membawa handsaniitizer saat beraktivitas juga sangat di perlukan, namun di awal pandemi corona sejumlah peralatan tersebut sempat langka dan sulit dipasaran.

Titik Lestari, salah satu mahasiswi MIPA Untan menjelaskan bahwa kini barang tersebut pun sudah mudah dan dapat dibeli dengan harga yang cukup terjangkau, namun jika anda ingin mencoba membuat handsanitizer sendiri anda hanya perlu menyiapkan bahan–bahan seperti minyak Atsiri yaitu minyak hasil penguapan dari kulit jeruk namun jika menginginkan wangi dari cengkeh dan serai juga bisa, cairan glisero, hidrogen peroxide, etanol dan air tanpa mineral yang bisa didapatkan di toko bahan kimia dan apotik terdekat.

"Setelah menyiapkan bahan–bahan tersebut campurkan satu persatu bahan di dalam sebuah wadah dengan sesuai selera dan kebutuhan hasil handsanitizer, setelah di campurkan simpan dalam botol khusus handsanitizer, ketika sudah jadi simpan handsanitizer selama satu hari untuk memaksimalkan penggunaan," tuturnya.

Titik menambahkan alasan dirinya menggunakan minyak atsiri karna minyak atsiri memiliki khasiat lebih dalam membunuh kuman, serta wangi yang alami dan aman.

"Wangi yang dapat diterima masyrakat tersebut pun membuat saya dan rekan–rekan cukup banyak menerima orderan untuk  harga sendiri dibandrol 30 ribu per pcs," pungkasnya. (bian)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini