-->

BREAKING NEWS

BANJIR MELANDA BEBERAPA DESA SEPANJANG JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, SELAIN KARENA AIR PASANG CURAH HUJAN SEMAKIN MEMPERPARAH BANJIR TERSEBUT, SEHINGGA MELUMPUHKAN AKTIFITAS WARGA SEKITAR, MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN, EDDY PRABOWO DIKABARKAN DITANGKAP OLEH KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN, ARUS KENDARAAN DARI ARAH JEMBATAN KAPUAS 2 MENUJU JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG MACET TOTAL, KEMACETAN HINGGA MENCAPAI 1 KM, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA HINGGA KINI BELUM ADA KETERANGAN RESMI, KEBAKARAN KEMBALI TERJADI, KALI INI DI KOMPLEK PERTOKOAN DI JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, NQMUN DAPAT SIATASI DWNGAN CEPAT OLEH PEMADAM KEBAKARAN YANG TIBA DWNGAN CEPAT DI TKP, LEMBAGA PENDIDIKAN YARSI PONTIANAK TANDA TANGANI MOU PENERIMAAN MAHASISWA DARI SANTRI BERPRESTASI DAN HAFIZ-HAFIZHOH TANPA TEST, LAKI SIAP DUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DI KALBAR, BAPILU DPD PDI PERJUANGAN TARGETKAN MENANG 100 PERSEN PILKADA SERENTAK DI KALBAR, PENEMUAN MAYAT DI GG DUNGUN PONTIANAK HEBOHKAN WARGA SEKITAR, HINGGA SAAT INI MAYAT MASIH BERADA DILOKASI KEJADIAN MENUNGGU APARAT KEPOLISIAN MENGEVAKUASI MAYAT TERSEBUT, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Kecamatan Terentang Menjadi Pilot Uji Percepatan Pemutakhiran DTKS Di Kubu Raya

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terus mempercepat pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di seluruh kecamatan. Saat ini, Kecamatan Terentang menjadi pilot uji contoh dan media pembelajaran bagi kecamatan-kecamatan lainnya dalam pemutakhiran DTKS.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam mengatakan penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu isu penting dalam tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Karena itu, berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk dapat mengidentifikasi masyarakat yang hidup dalam kemiskinan. Sehingga dapat diberikan sumber daya untuk membantu membebaskan dari kemiskinan secara tepat sasaran. Namun masih terdapat salah sasaran penerima bantuan program bagi masyarakat miskin.

Hal itu terkait ketersediaan data yang absah. Karenanya diperlukan pemutakhiran data secara reguler.

“Ketika muncul pandemi, heboh semua. Bingung menindaklanjuti berbagai berbagai bantuan dari pemerintah pusat sampai kabupaten termasuk CSR-CSR. Terjadi pro dan kontra hingga konflik di tingkat bawah. Ini karena data penerima bantuan yang tidak valid,” ujar Yusran Anizam saat membuka kegiatan Lokakarya Sosialisasi Pembelajaran Percepatan Pemutakhiran DTKS di Qubu Resort Kubu Raya.

Yusran mengungkapkan pihak Kementerian Sosial RI mengakui bahwa Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang ada adalah data yang diinput pada 2015 silam. Belum pernah dilakukan lagi pemutakhiran data.

Karena itu, dirinya mengapresiasi upaya sinergi beberapa dinas terkait di Kubu Raya yang bersama LSM Yayasan Swadaya Dian Khatulistiwa berusaha mempercepat pemutakhiran DTKS tersebut.

“Kita fokus terkait dengan pemutakhiran DTKS ini. Karena ini sangat mendesak. Banyak program subsidi, BPJS, dan berbagai macam program supaya tepat sasaran dan tidak terjadi konflik di lapangan,” tuturnya.

Ia menegaskan kebutuhan DTKS sangat penting dan harus segera dilakukan pemutakhiran. Sehingga dapat menjadi acuan pemerintah dalam menetapkan dan melaksanakan program-program bantuan sosial bagi warga miskin atau rentan miskin. Terlebih di tengah terpaan pandemi Covid-19 saat ini. Karena itu, penyelesaian verifikasi dan validasi data kesejahteraan sosial Kabupaten Kubu Raya ditargetkan rampung pada Februari mendatang.

“Untuk melakukan percepatan pemutakhiran DTKS diperlukan kesinergisan dari semua elemen yang terkait. Dari lokakarya ini kita harapkan terbangun kesepahaman bersama tentang pemutakhiran DTKS dengan dukungan soliditas dan kerja sama tim kerja pada semua tingkatan termasuk Puskesos di tingkat desa. juga komitmen dari camat dan forum koordinasi pimpinan kecamatan tengang percepatan proses pemutakhiran DTKS masing-masing kecamatan,” tuturnya. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini