-->

BREAKING NEWS

HARI INI, SABTU (16/01/2021) DUA JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182 DIJADWALKAN AKN DIPULANGKAN KE KALBAR MELALUI PENERBANGAN JAKARTA -PONTIANAK DAN AKAN DITERIMA KELUARGA DI BANDARA SUPADIO KUBU RAYA, ULAMA KHARISMATIK, SYEKH ALI JABER DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA PAGI INI DI RS YARSI HARI INI, KAMIS (14/01/2021) SEKITAR PUKUL 08:30 WIB, HARI INI, KAMIS (14/01/2021) DINAS KESEHATAN KAB KUBU RAYA AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KEC SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA, DUA PESAWAT GAGAL MENDARAT DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK AKIBAT CUACA BURUK, DUA PESAWAT TERSEBUT ADALAH LION AIR DAN GARUDA AIR, LION MENDARAT KE BANDARA BATAM DAN GARUDA KE BANDARA PALEMBANG, SEJUMLAH ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DARI 4 KECAMATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA MENGIKUTI PEMBEKALAN PASCA PRA PELANTIKAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA KAMIS (14/01/2021), POSISIJATUHNYAPESAWAT SRIWIJAYA SJ 182 SUDAH DITEMUKAN, LASARUS MINTA SEMUA PIHAK NANTIKAN KETERANGAN DARI KNKT, DAN TIDAK BERSEPEKULASI TERKAIT MUSIBAH INI, JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR PENERBANGAN DARI JAKARTA MENUJU PONTIANAK MENJADI KABAR DUKA MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT, BANYAK WARGA KEMUDIAN MENCARI KABAR KELUARGANYA YANG MELALUKAN PENERBANGAN SAAT ITU, PCNUKAB KUBU RAYA SERAHKAN BANTUAN KEPADA 30 PONDOK PESANTREN, BANTUAN BERUPA MASKER,HANDSINITIZER, DISINFEKTAN,TANGKI SEMPROTAN DISINFEKTAN DAN VITAMIN YANG DIPERUNTUKKAN SANTRI SANTRIWATI, PARATKEAMANAN KAWAL KETAT KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT HARI INI, SELASA (05/01/2021), POLDA KALBAR TURUNKAN KENDARAAN TAKTIS GUNA KAWAL KENDARAAN PENGANGKUT VAKSIN YANG AKAN DI BERIKAN KEPADA MASYARAKAT KALBAR, MAPOLSEKTERENTANG DIKABARKAN LUDES TERBAKAR DINI HARI TADI, SELASA (05/01/2021) SEKIRA PUKUL 03:00 WIB, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA TETAPI WARGA DIPERKIRAKAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK,

Satgasud Laksanakan Briefing Bahas Penanganan Karhutla

Redaksi author photo
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M melaksanakan briefing bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kalimantan Barat Novel Umar, S.T selaku Kabid Satgas Operasi Udara di ruang briefing Dinas Operasi Lanud Supadio untuk membahas konsep perencanaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pada paparan yang disampaikannya, Kabid Satgasud menjelaskan mengenai pentingnya pencegahan dan pemadaman dini Karhutla.

"Pemadaman dini dalam kasus kebakaran di lahan gambut sangat penting karena kebakaran tersebut menjalar dan berlanjut. Namun lebih penting lagi apabila bisa dilakukan pencegahan kebakaran dengan pembasahan gambut bila ada gejala gambut kering berdebu," jelasnya.

Kemudian juga dipaparkan mengenai keterlibatan BPBD dan peranan Lanud Supadio dalam Satgas Operasi Udara dikawasan rawan kebakaran hutan dan lahan.

Pada kesempatan yang sama, Danlanud Supadio menyampaikan keinginannya agar terdapat keterpaduan dalam pelaksanaan operasi udara penanganan Karhutla.

"Sebagai bagian dari Satgasud kita harus benar-benar memiliki konsep perencanaan dalam penanganan Karhutla," kata Danlanud.

Menurutnya, mekanisme pelaksanaan harus terkoordinir dengan baik.

"Kita harus terus mengadakan koordinasi, agar antara Satgas Udara maupun Satgas Darat saling terkoneksi. Karena jangan sampai saat melaksanakan water bombing mencelakakan Satgas yang ada didarat maupun masyarakat disekitar," tegas Danlanud.

"Selain itu, apabila kita mengoperasikan pesawat udara, harus benar-benar mematangkan segala persiapannya sehingga api dapat dipadamkan, penerbanganpun aman," pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Heri K


Komentar Anda

Berita Terkini