Satgasud Laksanakan Briefing Bahas Penanganan Karhutla

Editor: Redaksi author photo
KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S.I.P., M.M melaksanakan briefing bersama Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kalimantan Barat Novel Umar, S.T selaku Kabid Satgas Operasi Udara di ruang briefing Dinas Operasi Lanud Supadio untuk membahas konsep perencanaan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pada paparan yang disampaikannya, Kabid Satgasud menjelaskan mengenai pentingnya pencegahan dan pemadaman dini Karhutla.

"Pemadaman dini dalam kasus kebakaran di lahan gambut sangat penting karena kebakaran tersebut menjalar dan berlanjut. Namun lebih penting lagi apabila bisa dilakukan pencegahan kebakaran dengan pembasahan gambut bila ada gejala gambut kering berdebu," jelasnya.

Kemudian juga dipaparkan mengenai keterlibatan BPBD dan peranan Lanud Supadio dalam Satgas Operasi Udara dikawasan rawan kebakaran hutan dan lahan.

Pada kesempatan yang sama, Danlanud Supadio menyampaikan keinginannya agar terdapat keterpaduan dalam pelaksanaan operasi udara penanganan Karhutla.

"Sebagai bagian dari Satgasud kita harus benar-benar memiliki konsep perencanaan dalam penanganan Karhutla," kata Danlanud.

Menurutnya, mekanisme pelaksanaan harus terkoordinir dengan baik.

"Kita harus terus mengadakan koordinasi, agar antara Satgas Udara maupun Satgas Darat saling terkoneksi. Karena jangan sampai saat melaksanakan water bombing mencelakakan Satgas yang ada didarat maupun masyarakat disekitar," tegas Danlanud.

"Selain itu, apabila kita mengoperasikan pesawat udara, harus benar-benar mematangkan segala persiapannya sehingga api dapat dipadamkan, penerbanganpun aman," pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Heri K


Share:
Komentar

Berita Terkini