-->

BREAKING NEWS

HARI INI, SABTU (16/01/2021) DUA JENAZAH KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ 182 DIJADWALKAN AKN DIPULANGKAN KE KALBAR MELALUI PENERBANGAN JAKARTA -PONTIANAK DAN AKAN DITERIMA KELUARGA DI BANDARA SUPADIO KUBU RAYA, ULAMA KHARISMATIK, SYEKH ALI JABER DIKABARKAN MENINGGAL DUNIA PAGI INI DI RS YARSI HARI INI, KAMIS (14/01/2021) SEKITAR PUKUL 08:30 WIB, HARI INI, KAMIS (14/01/2021) DINAS KESEHATAN KAB KUBU RAYA AKAN LAKSANAKAN VAKSINASI COVID-19 PERDANA DI PUSKESMAS SUNGAI DURIAN KEC SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA, DUA PESAWAT GAGAL MENDARAT DI BANDARA SUPADIO PONTIANAK AKIBAT CUACA BURUK, DUA PESAWAT TERSEBUT ADALAH LION AIR DAN GARUDA AIR, LION MENDARAT KE BANDARA BATAM DAN GARUDA KE BANDARA PALEMBANG, SEJUMLAH ANGGOTA BADAN PERMUSYAWARATAN DESA (BPD) DARI 4 KECAMATAN DI KABUPATEN KUBU RAYA MENGIKUTI PEMBEKALAN PASCA PRA PELANTIKAN YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA KAMIS (14/01/2021), POSISIJATUHNYAPESAWAT SRIWIJAYA SJ 182 SUDAH DITEMUKAN, LASARUS MINTA SEMUA PIHAK NANTIKAN KETERANGAN DARI KNKT, DAN TIDAK BERSEPEKULASI TERKAIT MUSIBAH INI, JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR PENERBANGAN DARI JAKARTA MENUJU PONTIANAK MENJADI KABAR DUKA MASYARAKAT KALIMANTAN BARAT, BANYAK WARGA KEMUDIAN MENCARI KABAR KELUARGANYA YANG MELALUKAN PENERBANGAN SAAT ITU, PCNUKAB KUBU RAYA SERAHKAN BANTUAN KEPADA 30 PONDOK PESANTREN, BANTUAN BERUPA MASKER,HANDSINITIZER, DISINFEKTAN,TANGKI SEMPROTAN DISINFEKTAN DAN VITAMIN YANG DIPERUNTUKKAN SANTRI SANTRIWATI, PARATKEAMANAN KAWAL KETAT KEDATANGAN VAKSIN COVID-19 DI KALIMANTAN BARAT HARI INI, SELASA (05/01/2021), POLDA KALBAR TURUNKAN KENDARAAN TAKTIS GUNA KAWAL KENDARAAN PENGANGKUT VAKSIN YANG AKAN DI BERIKAN KEPADA MASYARAKAT KALBAR, MAPOLSEKTERENTANG DIKABARKAN LUDES TERBAKAR DINI HARI TADI, SELASA (05/01/2021) SEKIRA PUKUL 03:00 WIB, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA TETAPI WARGA DIPERKIRAKAN AKIBAT KONSLETING LISTRIK,

Indonesia Masuk Zona Resesi, Pengusaha Di Sambas Justru Nikmati Harga Karet Yang Meninggi

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (SAMBAS) - Menteri Keuangan Sri Mulyani secara resmi mengumumkan Indonesia memasuki zona resesi. Ini dibuktikan dari proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal III/2020 yang diprediksi minus 2,9 persen atau minus 1,0 persen.

 

“Negatif teritori ini akan terus berlangsung hingga kuartal keempat,” ungkap Sri dalam konferensi pers terkait APBN Kita secara virtual selasa (22/9/2020).

 

Krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan turut mempengaruhi pertumbuhan investasi dan ekspor komoditi. Tercatat di sektor investasi mengalami penurunan minus 8,5 – 6,6 persen, sementara di sektor ekspor menurun lebih tajam diangka minus 13,6 – 8,7 persen.

 

Meski demikian, ditengah kabar buruk secara nasional, pengusaha di Sambas, Kalimantan Barat, justru seakan mendapatkan durian runtuh. Pasalnya, harga komoditi karet sebelum virus corona melanda dunia Rp5000 per kilonya kini naik menjadi Rp10.000 per kilonya untuk kualitas nomor satu. Salah seorang diantara pedagang yang merasakan dampaknya adalah Herdi (47).

 

“Sekarang kita mengambil karet dari petani dihargai 10 ribu rupiah perkilonya, dan kita jual kembali ke penampung yang lebih besar dengan harga 11 ribu”, tuturnya.

 

Diharapkan harga karet akan terus stabil bahkan semakin meninggi kedepannya, mengingat kondisi perekonomian kalangan bawah sulit diprediksi. Selain karena efek Covid-19, mutu karet yang relatif rendah, rantai pasar panjang dari petani sampai ke pabrik dapat dikatakan sangat panjang, sehingga memangkas harga cukup besar bagi mereka.

 

Dengan meningkatnya harga karet ini, keluhan salah seorang petani karet di Sambas, Dartinjo yang menyatakan paling tinggi biasanya petani mendapatkan harga Rp8000 rupiah saja, mendapatkan angin segar sembari mengunggu kabar resesi ekonomi kuartal keempat (dyp).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini