Warga Sungai Kakap Produksi Pakan Ikan Sendiri, Begini Reaksi Wabup Sujiwo

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo memuji keulatan Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Karya Baru dalam mengembangkan pabrik pakan ikan mini. Di tengah keterbatasan peralatan, mereka tetap bersemangat memproduksi pakan ikan untuk memenuhi kebutuhan sesama anggota kelompok.

Hal itulah kemudian membuat Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo merasa terpanggil untuk membantu pengembangan pabrik pakan tersebut.

Oleh karenanya, dalam kunjungannya di Kelompok Budi Daya Ikan (Pokdakan) Karya Baru, Desa Jeruju Besar Kabupaten Kubu Raya, Ia turut serta membawa Anggota DPR RI Maria Lestari supaya legislator dari fraksi PDI Perjuangan tersebut bisa ikut memberikan bantuan melalui program-programnya di Komisi IV.
"Insyaallah beliau akan memperjuangkan melalui kebijakan dan programnya di Komisi IV DPR RI. Harapan dari saya, mudah-mudahan beliau betul-betul bisa memberikan perhatian bagi Pokdakan Karya Baru," harapnya

Dimotori oleh Agus Nukman Hidayat, selama bertahun-tahun Pokdakan Karya Baru tertatih-tatih membuat makanan ternak ikan dengan mesin seadanya. Kerasnya perjuangan mereka baru sedikit berkurang pada tahun 2019 lalu, setelah mendapat bantuan mesin yang lumayan memadai dari Bank Indonesia.

Itu pun tak sepenuhnya meringankan pekerjaan mereka dalam memproduksi pakan. Pasalnya, untuk mengeringkan pakan ikan, mereka masih menggunakan cara yang sangat tradisional, yakni dengan proses sangrai menggunakan kuali besar.

"Kelompok Pak Agus sudah berkarya sejak lama, yang sebelumnya tradisional, lalu karena dapat bantuan dari BI jadi agak meningkat sedikit. Akan tetapi, itu masih jauh dari harapan setelah melihat kapasitas dan kualitas produksinya," kata Sujiwo saat mengunjungi pabrik pakan ikan mini yang dikelola Pokdakan Karya Baru di Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap. (tim liputan).

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini