-->

BREAKING NEWS

ANDA INGIN TAHU TENTANG RUMAH SAKIT YARSI PONTIANAK, ATAU INGIN KULIAH DI STIKes YARSI PONTIANAK ATAU AKADEMI FARMASI YARSI PONTIANAK, SILAHKAN HUBUNGI HUMAS YARSI PONTIANAK DI 085654007001 ATAU HUBUNGI KALBARNEWS.CO.ID, BERHATI-HATILAH PENGGUNA JALAN KHUSUS SEPEDA MOTOR DI JEMBATAN KAPUAS 1, KARENA CUACA GERIMIS DI KABARKAN ADA PENGENDARA KENDARAAN RODA DUA YANG TERJATUH KARENA LICIN AKIBAT HUJAN, KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TETAPKAN AWAL RAMADHAN 1442 H JATUH PADA : SELASA (13 APRIL 2021) SETELAH LAKUKAN SIDANG ISBAT YANG DI HADIRI TOKOH AGAMA DAN ORGANISASI KEAGAMAAN, NU SERTA MUHAMADIYAH, GEMPA YANG MELANDA MASYARAKAT DI WILAYAH JAWA TIMUR YANG DIRASAKAN DI BEBERAPA DAERAH MENYISAKAN TRAUMA MASYARAKAT, KEBAKARAN MELANDA KOMPLEK RUMAH DINAS POLDA KALBAR DI JALAN SUBARKAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT, SEJUMLAH PEMADAM KEBAKARAN BERJIBAKU MEMADAMKAN KEBAKARAN TERSEBUT, KEJADIAN SEKIRA 14;00 WIB, SENIN (05/04/2021), JALAN TRANS KALIMANTAN MEMAKAN KORBAN LAGI, SEORANG PENGGUNA JALAN TEWAS SETELAH ALAMI KECELAKAAN PERSIS DI DEPAN INDOMART DESA JAWA TENGAH KM 17,5 KORBAN TEWAS TERTABRAK TRUCK TRONTON DARI ARAH BERLAWANAN, DARI IDENTITAS DITEMUKAN KORBAN BERNAMA DANIEL ANWAR WARGA DUSUN KERAMAT 1 DESA KUALA DUA KEC SUNGAI RAYA KAB KUBU RAYA, MINGGU (04/04/2021), A.M NASIR, SH SECARA AKLAMASI TERPILIH SEBAGAI KETUA DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) KALIMANTAN BARAT, DIDUGA TERORIS SERANG MABES POLRI GUNAKAN SENJATA API JENIS PISTOL, TERDUGA TEROSRIS TERSEBUT DAPAT DILUMPUHKAN POLISI, SAAT INI POLISI SEDANG DALAMI KASUS INI, HARI INI, RABU (31 MARET 2021) SEJUMLAH WARTAWAN YANG BERTUGAS DI KABUPATEN KUBU RAYA LAKUKAN VAKSIN TAHAP KEDUA DI AULA KANTOR BUPATI KUBU RAYA JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, HARI INI, SELASA (30/03/2021) PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DINAS KESEHATAN AKAN LAKUKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KEDUA UNTUK TENAGA PENDIDIK DAN ASN DI AULA KANTOR BUPATI JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, GEREJA KATEDRAL DI MAKASAR DIKABARKAN TERJADI LEDAKAN DIPERKIRAKAN BOM , SAAT INI SEDANG DALAM PENDALAMAN APARAT KEAMANAN, JELANG KEPULANGAN SANTRI-SANTRIWATI DALAM RANGKA LIBUR BULAN PUASA DAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT AKAN FASILITASI TEST SWAP GRATIS, WAKIL BUPATI HADIRI PANEN PADI PERDANA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II A PONTIANAK DI KEC SUNGAI KAKAP KAB KUBU RAYA

Bupati Hadiri Penyucian Pusaka Warisan Bugis Ketapang, Ini Harapanya

Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (KETAPANG) - Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos menghadiri acara Penyucian Pusaka Warisan Bugis yang diadakan oleh Dewan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kabupaten Ketapang mengusung tema dengan meningkatkan nilai-nilai budaya Bugis kita tingkatkan persatuan dan kesatuan di Kabupaten Ketapang. Kegiatan tersebut bertempat di Hotel Grand Zuri Ketapang.

Bupati Ketapang dalam sambutannya mengatakan bahwa Kalau dilihat dari sejarah yang ada di Indonesia suku bugis adalah suku yang mempunyai kemampuan bertualang, mempunyai pelaut-pelaut hebat , saudagar-saudagar hebat, dengan cerita yang terkenal seperti Hangtuah dan lain sebagainya.

"Orangtua saya dari dulu sudah bersahabat dengan orang Bugis dan orang Melayu di Tumbang titi, jadi bagi saya dan keluarga persahabatan dengan masyarakat suku bugis adalah hal yang sudah terjadi sejak zaman orang tua kami"ucap Bupati.


Ia berharap dengan pertemuan ini masyarakat Kabupaten Ketapang membuka diri untuk menerima orang Bugis sebagai saudara.

"Kita harus bersatu untuk membangun Kabupaten Ketapang sehingga Kabupaten Ketapang ini menjadi Kabupaten yang maju menuju masyarakat sejahtera."ajak Bupati.

Bupati Ketapang menyampaikan dalam melaksanakkan kegiatan menyuci pusaka, FKOB dihadiri hampir seluruh ketua etnis yang ada di Kabupaten Ketapang.

"Jadi artinya bahwa acara pada malam hari ini bukan cuma mendapat dukungan dari Bupati tetapi juga dari Forkompimda, dari ketua DPRD dan dari kita semua yang hadir disini" ucapnya.

Bupati Ketapang berharap supaya FKOB juga mendaftarkan diri di Kesbangpol sesudah itu melengkapi seluruh dokumen keberadaan di Pemkab Ketapang sehingga nanti pemerintah daerah bisa mengalokasikan dana pembinaan untuk koordinasi FKOB ini.

"Untuk rumah adat saya memang bercita-cita di Ketapang ini ada perkampungan budaya, yang sekarang sudah dimulai adalah dari Dewan Adat Dayak , Paguyuban Jawa, MABM, Ikatan Keluarga Madura sudah mengusulkan, kalau ikon kita yaitu Keraton Matan, sudah tinggal kita pelihara."harapnya.

Kabupaten Ketapang sudah melakukan upaya untuk membina organisasi etnis dan memfasilitasi beberapa etnis yang ada dalam pembangunan rumah adat.

Bupati Ketapang juga menyampaikan bahwa dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 ini, ia berharap kepada masyarakat Kabupaten Ketapang tetap mampu melaksanakan dengan damai dengan aman tanpa melihat perbedaan suku dan perbedaan agama perbedaan asal-usul dan sebagainya.

"Kalau kita menggaris bawahi apa yang disampaikan panitia tadi bahwa perbedaan itu penting karena kalau tanpa perbedaan kita tidak ada kerukunan. Oleh sebab itu, walaupun kita berbeda yang paling penting kita jaga keamanaan di Kabupaten Ketapang ini, baik Pilpres, Pilkada, Pemilu, supaya dengan kerukunan kita bisa kompak, kita bisa membangun Ketapang ini hingga menjadi Kabupaten yang maju dan sejahtera." Pungkasnya. (tim liputan).

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini