-->

BREAKING NEWS

ANDA INGIN TAHU TENTANG RUMAH SAKIT YARSI PONTIANAK, ATAU INGIN KULIAH DI STIKes YARSI PONTIANAK ATAU AKADEMI FARMASI YARSI PONTIANAK, SILAHKAN HUBUNGI HUMAS YARSI PONTIANAK DI 085654007001 ATAU HUBUNGI KALBARNEWS.CO.ID, BERHATI-HATILAH PENGGUNA JALAN KHUSUS SEPEDA MOTOR DI JEMBATAN KAPUAS 1, KARENA CUACA GERIMIS DI KABARKAN ADA PENGENDARA KENDARAAN RODA DUA YANG TERJATUH KARENA LICIN AKIBAT HUJAN, KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TETAPKAN AWAL RAMADHAN 1442 H JATUH PADA : SELASA (13 APRIL 2021) SETELAH LAKUKAN SIDANG ISBAT YANG DI HADIRI TOKOH AGAMA DAN ORGANISASI KEAGAMAAN, NU SERTA MUHAMADIYAH, GEMPA YANG MELANDA MASYARAKAT DI WILAYAH JAWA TIMUR YANG DIRASAKAN DI BEBERAPA DAERAH MENYISAKAN TRAUMA MASYARAKAT, KEBAKARAN MELANDA KOMPLEK RUMAH DINAS POLDA KALBAR DI JALAN SUBARKAH PONTIANAK KALIMANTAN BARAT, SEJUMLAH PEMADAM KEBAKARAN BERJIBAKU MEMADAMKAN KEBAKARAN TERSEBUT, KEJADIAN SEKIRA 14;00 WIB, SENIN (05/04/2021), JALAN TRANS KALIMANTAN MEMAKAN KORBAN LAGI, SEORANG PENGGUNA JALAN TEWAS SETELAH ALAMI KECELAKAAN PERSIS DI DEPAN INDOMART DESA JAWA TENGAH KM 17,5 KORBAN TEWAS TERTABRAK TRUCK TRONTON DARI ARAH BERLAWANAN, DARI IDENTITAS DITEMUKAN KORBAN BERNAMA DANIEL ANWAR WARGA DUSUN KERAMAT 1 DESA KUALA DUA KEC SUNGAI RAYA KAB KUBU RAYA, MINGGU (04/04/2021), A.M NASIR, SH SECARA AKLAMASI TERPILIH SEBAGAI KETUA DEWAN PENGURUS WILAYAH (DPW) PARTAI PERSATUAN PEMBANGUNAN (PPP) KALIMANTAN BARAT, DIDUGA TERORIS SERANG MABES POLRI GUNAKAN SENJATA API JENIS PISTOL, TERDUGA TEROSRIS TERSEBUT DAPAT DILUMPUHKAN POLISI, SAAT INI POLISI SEDANG DALAMI KASUS INI, HARI INI, RABU (31 MARET 2021) SEJUMLAH WARTAWAN YANG BERTUGAS DI KABUPATEN KUBU RAYA LAKUKAN VAKSIN TAHAP KEDUA DI AULA KANTOR BUPATI KUBU RAYA JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, HARI INI, SELASA (30/03/2021) PEMERINTAH KABUPATEN KUBU RAYA MELALUI DINAS KESEHATAN AKAN LAKUKAN VAKSIN COVID-19 TAHAP KEDUA UNTUK TENAGA PENDIDIK DAN ASN DI AULA KANTOR BUPATI JALAN ARTERI SUPADIO KUBU RAYA, GEREJA KATEDRAL DI MAKASAR DIKABARKAN TERJADI LEDAKAN DIPERKIRAKAN BOM , SAAT INI SEDANG DALAM PENDALAMAN APARAT KEAMANAN, JELANG KEPULANGAN SANTRI-SANTRIWATI DALAM RANGKA LIBUR BULAN PUASA DAN MENYAMBUT HARI RAYA IDUL FITRI PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT AKAN FASILITASI TEST SWAP GRATIS, WAKIL BUPATI HADIRI PANEN PADI PERDANA WARGA BINAAN LAPAS PEREMPUAN KELAS II A PONTIANAK DI KEC SUNGAI KAKAP KAB KUBU RAYA

Kementerian Perhubungan Gelar Diklat Pelaut di Rasau Jaya

Redaksi author photo
Kadis Perhubungan Kab Kubu Raya, Drs Odang Prasetyo saat membuka Diklat di KTM Rasau Jaya

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) – Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya lakukan Pendidikan dan Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Angkatan VII-X Awak Kapal Kabupaten Kubu Raya selama lima hari di Terminal KTM Rasau Jaya. 

Diklat diikuti 96 peserta yang berasal dari empat kecamatan yakni Sungai Raya, Rasau Jaya, Kubu, dan Batu Ampar.

Seluruh peserta merupakan awak kapal motor, nakhoda, anak buah kapal, masyarakat, dan mahasiswa. Diklat selama lima hari digelar atas kerja sama Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Mempawah Kementerian Perhubungan RI dengan diisi materi teori dan praktik lapangan.

“Kami berharap para peserta dapat menerapkan sekaligus menularkan ilmu yang diperoleh saat di lapangan,” kata Odang Prasetyo saat membuka kegiatan.

Odang berharap setelah mendapatkan pelatihan, para awak kapal, ABK dan nakhoda kapal dapat mengedepankan keamanan dan kenyamanan berlayar. Dirinya meminta seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan hingga tuntas. Sehingga memperoleh ilmu yang bermanfaat saat menekuni profesi sebagai pelaut.

“Hal ini harus disyukuri peserta, karena berkesempatan turut serta dalam pelatihan. Semoga harapan pemerintah agar para motoris dan pelaut dapat memanfaatkan pelatihan ini. Karena lebih diutamakan upaya keselamatan di laut agar aman,” harapnya.

Begitu pula nelayan, lanjutnya, harus tahu tentang navigasi dan sertifikat untuk kecakapan 60 mil. Di mana kapal sudah dapat mencapai pulau atau daratan. Dia berharap ilmu dari diklat dapat diterapkan pada aktivitas melaut.

“Kami juga berterima kasih atas keikutsertaan para peserta. Akan ada kesempatan untuk pelaut lainnya yang belum ikut serta di pelatihan mendatang,” katanya.

Salah satu peserta diklat, Abdul Latif, mengaku bersyukur dengan adanya diklat awak kapal. Pria asal Rasau Jaya ini mengatakan diklat menjadi bekal dalam menjalankan tugas sebagai awak kapal. 

"Kami sangat bersyukur adanya diklat awak kapal seperti ini. Menambah ilmu dan pengetahuan dalam menjalankan tugas dan profesi selaku awak kapal. Ini sangat penting bagi kami," ujar awak Kapal Motor Arif Jaya lintasan Rasau-Teluk Batang ini.

Menurutnya, mayoritas awak kapal selama ini mendapatkan ilmu secara autodidak berdasarkan pengalaman. Sehingga adanya diklat menambah ilmu pengetahuan tentang keselamatan dalam berlayar. (tim liputan).

Editor : Aan

Komentar Anda

Berita Terkini