Bhabinkamtibmas Ambawang Kuala Mediasi Warga yang Tolak Peresmian Polindes Ampera Raya

Editor: Redaksi author photo
Bhabinkamtib Polsek Sungai Ambawang Mediasi Msyarakat Desa Ampera Raya

Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) - Bhabinkamtibmas Desa Ambawang Kuala, Polsek Sungai Ambawang Brigpol Sunarto memediasi puluhan warga yang tergabung di dalam Forum Peduli Perumnas IV. Mediasi dilakukan lantaran Forum Peduli Perumnas IV yang dipimpin Erwin Irawan menolak diresmikannya Polindes yang berlokasi di Jl. Semandang Raya Perumnas IV, Desa Ampera Raya, Kecamatan Sungai Ambawang, Rabu (04/03/2020).

Mediasi dilakukan dengan mempertemukan Kepala Puskesmas Sungai Ambawang Okta Sucianto dan Forum Peduli Perumnas IV. Proses yang melibatkan Anggota Polsek Pontianak Timur dan Polsek Sungai Ambawang itu demi mencegah meluasnya permasalahan dan menghindari adanya bentrok fisik.

"Alasan penolakan karena sebagian warga masih mengklaim lokasi tersebut masuk Kelurahan Saigon, Kecamatan Pontianak Timur, Kota Pontianak. Lokasi Perumnas IV saat ini memang masih sengketa antara wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya dan masih dalam proses hukum di PTUN," ujar Brigpol Sunarto di lokasi mediasi.

Dari proses mediasi tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk menunda peresmian polindes hingga batas waktu yang belum tentukan. Untuk sementara waktu, layanan pemeriksaan pun dikembalikan ke tempat lama, yakni di Posyandu Anggrek, Gang Mendalam I Desa Ampera Raya, Kecamatan Sungai Ambawang.

"Untuk ke depannya agar saling dikoordinasikan dan jika memungkinkan, pemeriksaan kesehatan serupa dapat dilaksanakan dari dua Dinas Kesehatan di bawah naungan Dinas Kesehatan Provinsi agar tidak ada pro dan kontra," imbuhnya.

Terkait dengan permasalahan ini, Brigpol Sunarto pun meminta kedua belah pihak untuk mengoordinasikannya dengan pihak terkait, agar tidak menimbulkan permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan. Guna mencegah meluasnya konflik ini, Brigpol Sunarto pun memastikan bahwa pihak kepolisian akan ikut memantau perkembangan situasi di Perumnas IV. (na/tim liputan).

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini