Muda: Jadikan Destinasi Pariwisata Magnet Kabupaten Kubu Raya

Editor: Redaksi author photo


Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) – Bupati Muda Mahendrawan meresmikan Destinasi Wisata Equator Park Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Sabtu (15/02/2020).

Destinasio Wisata Equator Park  yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa Jeruju Besar ini Per bulannya, jumlah pengunjung telah mencapai hampir dua ribu orang, khususnya pengunjung dari luar Desa Jeruju Besar.

Dalam sambutannya, Bupati Muda menyebut Kecamatan Sungai Kakap punya potensi menjanjikan untuk menjadi citra wisata Kalimantan Barat. Sebab Kabupaten Kubu Raya khususnya Sungai Kakap memiliki kekuatan besar yaitu muara sebagai salah satu jalur transportasi. Ditunjang dengan pesisir yang memiliki panjang 194 kilometer. 


Karena itu, satu di antara rencana besar Pemerintah Kabupaten Kubu Raya adalah menjadikan pariwisata sebagai magnet daerah. Sebab pariwisata bersifat multiefek. Yakni punya efek yang banyak. Karena itu, mulai tahun ini pembangunan infrastruktur jalan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dirancang untuk dilakukan dengan sistem multi-years atau tahun jamak.

“Supaya beberapa titik yang menuju pada titik-titik destinasi wisata insya Allah akan dapat kita selesaikan semua. Karena itu penting, di mana orang dari berbagai daerah akan datang,” tuturnya menjelaskan.

Muda mengatakan, pembangunan infrastruktur yang mengkoneksikan titik-titik wisata sangat penting. Sebab akan menjadi akses perlintasan orang dan pengunjung dari berbagai daerah. Sehingga yang merasakan dampak positifnya bukan hanya destinasi wisata yang dituju. Melainkan semua yang dilewati ikut diuntungkan.

“Bukan hanya Jeruju Besar yang dapat dampaknya. Tapi semua yang dilewati termasuk Sungai Kupah, Sungai Kakap, dan yang lainnya juga merasakan dampak positifnya,” ujarnya.

Terkait hal itu, Muda telah meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah untuk memetakan kawasan perdesaan wisata, termasuk di Kecamatan Sungai Kakap. Dia menerangkan, jika di Kecamatan Rasau Jaya ada kawasan perdesaan berbasis agro, maka Sungai Kakap pun memiliki hal serupa. Sehingga akan diusulkan menjadi salah satu kawasan perdesaan wisata di Kabupaten Kubu Raya.

“Ini juga menjadi perhatian kita. Karena sejak dulu Kalimantan Barat memang telah merancang daerah, misalnya di Tanjung Intan Sungai Kakap, untuk menjadi daerah pariwisata yang terdepan dan andalan. Insya Allah akan kita teruskan, yakni beberapa rencana yang memang sesuai untuk diperjuangkan,” jelasnya. (tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini