-->

BREAKING NEWS

TERIMA KASIH TELAH MENGIKUTI INFORMASI DARI KAMI DI WWW.KALBARNEWS.CO.ID, MERASA DIRUGIKAN PT SULTAN RAFLI MANDIRI LAPORKAN OTAK KERUSUHAN AKSI UNJUK RASA BEBERAPA WAKTU YANG LALU DI KETAPANG, DUA ANGGOTA DPRD KAB KUBU RAYA DAN SATU TENAGA KONTRAK DI SEKRETARIAT DPRD KAB KUBU RAYA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19, SEMENTARA AKTIFITAS DI SEKRETARIAT DITUTUP SELAMA 7 HARI, APARAT KEPOLISIAN TERUS USUT DAN KEJAR PELAKU PEMBUNUHAN IBU DAN ANAK DI PONTIANAK TIMUR KALIMANTAN BARAT,  

Kubu Raya Tuan Rumah Peringatan Hari Aksara Internasional Ke-54

Redaksi author photo

Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat berikan sambutan dalam peringatan Hari Aksara Internasional 
Kubu Raya (Kalbarnews.co.id) - Kabupaten Kubu Raya menjadi tuan rumah pelaksanaan Peringatan Hari Aksara Internasional ke-54 Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Peringatan Hari Aksara Internasional digelar di Rumah Pintar Kecamatan Rasau Jaya, Rabu (30/10).

Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Direktorat Jenderal PAUD dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Gubernur Kalbar, H Sutarmidiji, Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo, Bunda Paud Provinsi dan Bunda Paud Kabupaten Kubu Raya.

Hari Aksara Internasional merupakan ajang gobal yang disepakati dan diperingati oleh negara-negara anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai sebuah wujud komitmen dunia internasional untuk memberantas buta aksara. 


Peringatan Hari Aksara Internasional mengangkat tema “Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat”. Tujuan pencanangan adalah untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya melek aksara bagi individu, komunitas, dan masyarakat.

Selain itu menekankan perlunya upaya yang intensif untuk memperkuat komitmen seluruh pemangku kepentingan di Indonesia sebagai gerakan literasi nasional. Sekaligus mengingatkan kembali konsensus negara-negara dunia dalam melakukan aksi nyata sebagai bentuk penuntasan buta aksara.

Rangkaian kegiatan Hari Aksara tingkat provinsi meliputi pameran produk unggulan daerah dari kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, panggung kreasi generasi berbakat untuk ajang kreativitas anak usia dini, lomba keaksaraan warga/pelajar, dan lomba tutor keaksaraan fungsional.

Selain itu peringatan juga diwarnai penyerahan bantuan dari PLN Unit Induk Kalimantan Barat untuk kegiatan belajar PKBM, bantuan sarana dan prasarana kampung literasi, bantuan bank sampah binaan PLN, bantuan wirausaha disabilitas Kubu Raya, dan bantuan pengembangan Desa Wisata Rajati Flower Garden di Desa Rasau Jaya Tiga Kubu Raya.

Pada kesempatan itu juga diadakan Apresiasi Bunda dan Gugus PAUD se-Kalimantan Barat.(tim liputan)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini