-->

BREAKING NEWS

RUDI HARTONO PEMUDA ASAL KABUPATEN BERHASIL RAIH JUARA II PEMUDA PELOPOR TINGKAT NASIONAL MEMBAWA NAMA KABUPATEN KUBU RAYA DAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT, PERINGATI HARI SANTRI MWC NU KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG LAKUKAN RAPAT KERJA UNTUK MEMFOKUSKAN KINERJA PENGURUS RANTING YANG BARU SAJA DILANTIK, RAPAT KERJA MWCNU KECAMATAN SUNGAI AMBAWANG INI DIHADIRI KETU PCNU KAB KUBU RAYA, KH ABDUSSALAM, M.Si, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Kodim 1011/Kuala Kapuas Latih Petani dengan Media Tanam Polybag

Redaksi author photo
Pelatihan Tanam dengan Mdia Polybag oleh Kodim 1011/Kuala Kapuas kepada Petani

Kuala Kapuas (Kalbar News) - Dalam rangka mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan, Kodim 1011/Kuala Kapuas melaksanakan pelatihan tanam sayur dengan media tanam dalam polybag serta kegiatan tanam padi di lahan Demplot Ketahanan Pangan Kodim 1011/Klk, Kelurahan Selat Hilir, Kabupaten Kuala Kapuas.

Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., di Makodim menyampaikan, program ini merupakan wujud kepedulian TNI AD dalam hal ini Kodim 1011/Klk untuk membantu mewujudkan ketahanan pangan di wilayah Kuala Kapuas bersinergi dengan para petani

"Dari pelatihan diharapkan dapat diterapkan oleh petani sehingga ini akan dapat digunakan sebagai cadangan logistik di wilayah," ujar Dandim 1011/Klk.
 
Pelatihan juga diikuti Personil TNI dan Babinsa yang bertugas di daerah-daerah Pertanian
Dandim 1011/Klk menjelaskan, upaya penanaman menggunakan polybag merupakan salah satu cara untuk memperkecil ketergantungan terhadap pasar dan menghemat biaya belanja keluarga. Karena tanaman ini bisa dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan sehari-harinya.

”Demplot ini lebih menghemat tempat karena dilakukan di polybag, sehingga masyarakat yang tidak memiliki lahan bisa memakai cara ini," terang Dandim 1011/Klk.

Lanjut Dandim 1011/Klk menyampaikan, selain melakukan tanam sayur memakai Polybag, juga dilakukan garap lahan sebanyak satu hektar untuk tanam padi dilahan demplot yang dimiliki Kodim 1011/Klk. Sebelum dilaksanakannya penanaman diadakan penyuluhan singkat tentang cara bercocok tanam padi yang benar oleh Penyuluh Pertanian.

"Kami berharap melalui demplot ini bisa menjadi percontohan yang mampu dimanfaatkan dan dikembangkan. Sehingga mampu mendukung program swasembada pangan,” harap Dandim 1011/Klk.

Dikatakan oleh Dandim 1011/Klk kegiatan tersebut turut dihadiri Mantri Tani Ibu Fitri, SP., dibantu oleh 2 orang PPL Ibu Rori Asturi, SPt., dan Junaliyah, SP., Kelompok Tani serta sejumlah anggota Kodim 1011/Kuala Kapuas dan masyarakat lainnya. (tim liputan)

Editor : Heri KI

Komentar Anda

Berita Terkini