116 Kasus HIV /AIDS ditemukan di Kabupaten Kubu Raya

Editor: Redaksi author photo
Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya temukan 116 kasus HIV/AIDS di sembilan Kecamatan (ilst)

Kubu Raya (Kalbar News) - Pengelola Program Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya menemukan 116 kasus HIV /AIDS di Kubu Raya hingga tahun 2019 yang tersebar di sembilan Kecamatan. 

Hal itu disampaikan Pengelola Program Penyakit Menular (PPM) Dinas Kesehatan Kabupaten  Kubu Raya, Wiyono di ruang kerjanya, Senin (27/05/2019).

“Sampai tahun 2019, di Kubu Raya ada 116 kasus HIV, tersebar di sembilan kecamatan. Terbanyak ada di Kecamatan Sungai Raya, dengan jumlah kasus 50 kasus,” kata Wiyono.

Ia mengatakan, di Kubu Raya sudah melakukan pemeriksaan dini (screaning), dan ketika pada pemeriksaan itu ada yang positif, maka langsung dirujuk ke VCT di Rumah Sakit Sudarso atau ke Rumah Sakit Kota Pontianak. 

“Mereka di sana, dikonfirmasi lagi dan jika positif, maka dilakukan pengobatan lebih lanjut (ARV),” ujar Wiyono. 

Warga Kubu Raya yang positif HIV, didata sebagai sumber informasi dan sebagai upaya pencegahan penularannya di Kubu Raya. 

Ia mengatakan, Dinkes Kubu Raya terus berupaya memperkuat koordinasi bersama unit layanan, Rumah Sakit dan Puskesmas, untuk terus menemukan kasus HIV dan mencegah penularannya. 

“Kita juga memberikan pelatihan kepada petugas-petugas kesehatan berkaitan dengan HIV ini,” katanya.(jra/tim liputan)

Editor : Heri K


Share:
Komentar

Berita Terkini