-->

BREAKING NEWS

ARUS KENDARAAN DARI ARAH JEMBATAN KAPUAS 2 MENUJU JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG MACET TOTAL, KEMACETAN HINGGA MENCAPAI 1 KM, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA HINGGA KINI BELUM ADA KETERANGAN RESMI, KEBAKARAN KEMBALI TERJADI, KALI INI DI KOMPLEK PERTOKOAN DI JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, NQMUN DAPAT SIATASI DWNGAN CEPAT OLEH PEMADAM KEBAKARAN YANG TIBA DWNGAN CEPAT DI TKP, LEMBAGA PENDIDIKAN YARSI PONTIANAK TANDA TANGANI MOU PENERIMAAN MAHASISWA DARI SANTRI BERPRESTASI DAN HAFIZ-HAFIZHOH TANPA TEST, LAKI SIAP DUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DI KALBAR, BAPILU DPD PDI PERJUANGAN TARGETKAN MENANG 100 PERSEN PILKADA SERENTAK DI KALBAR, PENEMUAN MAYAT DI GG DUNGUN PONTIANAK HEBOHKAN WARGA SEKITAR, HINGGA SAAT INI MAYAT MASIH BERADA DILOKASI KEJADIAN MENUNGGU APARAT KEPOLISIAN MENGEVAKUASI MAYAT TERSEBUT, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

331 Kader Perempuan Kepala Keluarga Lulusan Akademi Paradigta Kubu Raya di Wisuda

Redaksi author photo
331 Wisudawati Akademi Paradigta Kabupaten Kubu Raya di wisuda di Aula Bupati Kubu Raya

Kubu Raya (Kalbar News) - Sebanyak 331 wisudawati Akademi Paradigta Kabupaten Kubu Raya diwisuda di Aula Kantor Bupati Kubu Raya, Wisuda ditandai proses pengalungan Selepang Paradigta oleh Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, Rabu ( 24/04/2019).

Setelah diwisuda, peserta akademi diserahkan kembali kepada keluarga, Pemerintah Desa, dan Masyarakat secara umum setelah menempuh masa belajar selama sepuluh bulan efektif di Akademi. 

Direktur Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Nani Zulminarni mengatakan, Akademi Paradigta adalah sebuah Pendidikan dan Pelatihan terstruktur bagi kader Pekka dan Kader Perempuan di wilayah perdesaan. Tujuannya agar perempuan dapat terlibat aktif dalam proses pembangunan Desa dan wilayahnya.

“Insiatif ini diselenggarakan di tujuh wilayah percontohan, yaitu Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, NTB, NTT, dan Sulawesi Tenggara. Sejak tahun 2016 Akademi Paradigta Kalimantan Barat telah mencetak tiga angkatan sejak Maret 2016 hingga Maret 2019,” Jelas Nani Zulminarni.

Nani mengungkapkan Akademi Paradigta wilayah Kabupaten Kubu Raya dilaksanakan sebanyak 11 kelas dengan jumlah peserta 331 orang dari 42 Desa di 6 Kecamatan. 

Ia menyatakan Pekka sangat fokus pada upaya-upaya Pemberdayaan Perempuan. Menurut dia, pemberdayaan perempuan adalah jantung bagi Pembangunan Desa. 

“Perempuan punya peran penting untuk segala aspek kehidupan. Karena itu perempuan harus berdaya dan berdaulat. Agar seluruh pembangunan harus menjadikan perempuan sebagai bagian dari subjek pembangunan,” ujarnya. 

Nani mengatakan wisuda Akademi Paradigta angkatan ketiga di Kabupaten Kubu Raya sangat istimewa. Pasalnya hampir seluruh proses pendidikan di Akademi dibiayai oleh dana desa. Ia mengungkapkan dari 81 kabupaten wilayah kerja Pekka di seluruh Indonesia, Kabupaten Kubu Raya adalah salah satu Akademi Paradigta yang didanai dengan Dana Desa. 

“Kami berterima kasih kepada Aparatur Desa se-Kabupaten Kubu Raya yang telah mengutus perempuan desa untuk mengikuti Akademi Paradigta. Terima kasih juga untuk Pemerintah Kabupaten Kubu Raya yang telah lama mendukung Pekka,” ucapnya.(ro/tim liputan).

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini