-->

BREAKING NEWS

HUJAN DISERTAI ANGIN KENCANG LANDA BEBERAPA DAERAH DI KABUPATEN KUBU RAYA DAN KOTA PONTIANAK, HARI INI, RABU 903/03/2021) SEJUMLAH WARTAWAN KUBU RAYA IKUTI VAKSIN COVID-19 TAHAP PERTAMA DI KABUPATEN KUBU RAYA, WAKIL BUPATI KUBU RAYA, SUJIWO DIDAMPINGI ISTRI, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR, MARIA LESTARI DAN KETIA DPRD KAB KUBU RAYA BESERTA PENGURUS GAB ORGANISASI WANITA KAB KUBU RAYA LAKUKAN PANENRAYA TOMAT DI BALAI BENIH PDI-P KALBAR JALAN ARTERI SUPADIO, ANGGOTAA DPD RIDAPIL KALBAR, YANG JUGA KETUA IKBM KALBAR, H SUKIRYANTO HADIRI KEGIATAN UPGREDING MWCNU KECAMATAN KUALA MANDOR B DI PONPES AL-IKHLAS, ANGGOTA DPR RI DAPIL KALBAR DARI PARTAI GOLKAR, MAMAN ABDURAHMAN, ST MINTA PEMBAKAR LAHAN DAN HUTAN DITINDAK TEGAS, HUJAN MULAI MENGUYUR BEBERAPA WILAYAH DI KABUPATEN KUBU RAYA, SEPERTI DI KECAMATAN RASAU JAYA, KECAMATAN SUNGAI RAYA, KECAMATAN SUNGAI KAKAP DAN KEC SUNGAI AMABAWANG, DANDIM 1207 DAN KAPOLRES KUBU RAYA MENGHIMBAU MASYARAKAT UNTUK TIDAK BAKAR LAHAN APALAGI SAAT KEMARAU SEPERTI SAAT INI, PENGURUS YARSI PONTIANAK MATANGKAN TEKNIS PENGGABUNGAN DUA LEMBAGA PENDIDIKAN YANG DINAUNGI YAYASAN YAITU SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES) DAN AKADEMI FARMASI (AKFAR) UNTUK MENJADI UNIVERSITAS YARSI PONTIANAK, DENGAN PENAMBAHAN FAKULTAS HINGGA ENAM FAKULTAS, DPC PARTAI GERINDRA KOTA PONTIANAK BERDUKA, WAKIL KETUA, Drs SY ISKANDAR ALMUNTAHAR, M.Sos YANG JUGA ANGGOTA DPRD KOTA PONTIANAK MENINGGAL DUNIA DI RS PROMEDIKA PONTIANAK, PADA HARI INI, MINGGU (14 PEBRUARI 2021), WARGA SUNGAI JAWI GG NILAM 7 JL PROF DR HAMKA PONTIANAK DIGEGERKAN DENGAN KASUS PEMBUNUHAN, KAMIS 911/02/2021), WARGA SUNGAI RAYA DIGEGERKAN DENGAN PENEMUAN MAYAT DI ATAS PARIT PERSIS DISAMPING MAPOLDA KALBAR, POLRES KUBU RAYA BERHASIL UNGKAP DAN PELAKU PEMBUNUHAN DI DESA MADUSARI KEC SUNGAI RAYA, MOTIF PEMBUNUHAN KARENA UTANG PIUTANG, KETUA KOMISI V DPR RI BERSAMA PERWAKILAN KEMENTERIAN PERHUBUNGAN SERAHKAN SATU UNIT BUS SEKOLAH KEPADA UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA KALIMANTAN BARAT, JUMAT (05/02/2021)

Forum Pemuda Peduli Keberagaman (FP2K) Ajak merawat keharmonisan, toleran dan saling menghormati setiap perbedaaan

Redaksi author photo

Ketua Forum Pemuda Peduli Keberagaman (FP2K), Edi Suhairul, S,Pd.I

Kubu Raya (Kalbar News) - Indonesia adalah sebuah negara unik yang di dalamnya terdapat  banyak keberagaman baik dari segi Suku, Budaya, Agama, dan Bahasa, demikian juga di Kabupaten Kubu Raya.

Ini merupakan keunikan tersendiri yang membedakannya dengan negara lain. Tidak banyak negara yang seperti Indonesia dalam hal keberagaman. Namun di balik keberagaman ini terdapat potensi baik potensi yang positif maupun yang negatif. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Forum Pemuda Peduli Keberagaman (FP2K) Edi Suhairul, ketika melakukan Persiapan Dialog dan Ngopi Bareng Tokjoh Masyarakat, Tokoh Pemuda Lintas Etnis dan Budaya yang akan dilaksanakan Rabu Mendatang di Ballroom Hotel Dangau Sui Raya Kabupaten Kubu Raya.

“Keberagaman yang sejak dulu dikenal dengan nama Nusantara ini menjadikan Indonesia kaya akan budaya. Bisa dikatakan Indonesia adalah negara multikultural atau plural. Akan tetapi apabila keberagaman ini tidak dirawat dengan baik tidak menutup kemungkinan adanya perpecahan atau konflik karena perbedaan baik cara Pandang maupun karena Perbedaan Kepentingan” Ungkap Edi.

Keberagaman yang ada di Indonesia tergambar melalui banyaknya falsafah yang ada. Bhinneka Tunggal Ika tentu adalah representasi dari bangsa ini. Berbeda-beda tetapi tetap satu dalam kebersamaan. Filosofi Bhinneka Tunggal Ika selalu menjadi tuntunan masyarakat untuk hidup rukun meski dalam perbedaan. Selain itu juga masih banyak falsafah lain dalam lingkup lokal yang mengakui dan menghargai perbedaan.

“Kebersamaan dalam keberagaman harus terus dirawat agar bangsa Indonesia bisa terus fokus membangun bangsa tanpa terpengaruh dengan masalah perbedaan, Termasuk di Kabupaten Kubu Raya ini,” Jelasnya.

Ini menjadi penting sebab akhir-akhir ini banyak sekali  peristiwa-peristiwa yang menandakan adanya pergeseran nilai-nilai kehidupan di masyarakat yang tidak lagi mencerminkan kebersamaan dalam keberagaman. 

Peristiwa intoleran dan diskriminasi isu SARA terjadi di banyak tempat di Indonesia. Bahkan tidak sedikit daerah yang menjadi daerah konflik disebabkan perbedaan. Kemajemukan yang dimiliki oleh Indonesia, selain sebagai sebuah keunikan, adalah sebuah kelebihan yang harus mampu disikapi dengan bijak. 

Persatuan dan kesatuan Indonesia hanya bisa diperoleh jika masyarakat bisa menyikapi perbedaan dengan bijaksana. Terlebih perbedaan agama. Sebab agama adalah salah satu entitas terbesar yang dimiliki manusia. 

Seringkali hal tersebut disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab untuk menggalang massa dalam sebuah konflik yang mengatasnamakan agama.

Berangkat dari keprihatinan terhadap pergeseran nilai-nilai kebersamaan dalam keberagaman di masyarakat, maka muncul gagasan untuk mulai merawat dan menimbulkan lagi semangat persatuan sebagaimana Bhinneka Tunggal Ika.

Forum Pemuda Peduli Keberagaman (FP2K) berinisiatif untuk mulai menggalakkan semangat persatuan dalam Keberagaman dengan melibatkan Para Pemuda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Lintas Etnis di Kabupaten Kubu Raya.

Forum Pemuda Peduli Keberagaman (FP2K) berharap Para Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat Lintas Etnis di Kabupaten Kubu Raya yang berbeda agama akan diajak untuk memahami  perbedaan melalui dialog dan kemudian mencintai serta menghargai serta merawat keberagaman tersebut.(tim liputan)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini