Buaya 2 Meter Hebohkan Warga Desa Punggur Kapuas Sungai Kakap

Editor: Redaksi author photo

Foto: Buaya Muara di tangkap Warga Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sui Kakap Kab Kubu Raya (*)

Kubu Raya (Kalbar News) - Dianggap meresahkan warga,seekor Buaya Muara (Crocodylus porosus) ditangkap warga Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.Hewan ini kini jadi tontonan warga.

Buaya sepanjang 2 meter itu diperkirakan berbobot 25 kg.Usai ditangkap,warga hewan buas ini diletakkan di depan Kantor Desa.Punggur Kapauas ,Jalan.Kantor Desa , Rt.2.Rw,3 Desa Punggur Kapuas Kecamatan Sungai Kakap,Kabupaten Kubu Raya,Kalbar.Keempat kaki dan moncongnya diikat tali nilon.Agar buaya tidak mengamuk,matanya ditutup warga dengan kain.

Buaya ini ditangkap di Parit Tanjung Dungun Satu desa.Punggur Kapuas ,Minggu Malam(11/02/2019) sekitar pukul.12 .00 WIB. Hingga saat ini, warga dari berbagai terus berdatangan ke Kantor Desa Punggur Kapuas .

"Kami berjumlah.4 orang menangkap buaya ini,"kata.Yanikepada media di lokasi.

Yani  menceritakan buaya dijerat dengan jala nilon.Awalnya warga takut,tapi kemudian mereka nekat.Sebab,kalau tidak ditangkap,buaya tersebut sangat meresahkan.

Kepala Desa Punggur Kapuas Fortonius Darno ,mengaku buaya ini sudah lama tidak pernah terlihat masuk ke kampung warga.Diperkirakan,karena pintu air jebol diterjang air pasang laut, buaya masuk ke Parit.
"Ini adalah kemunculan sekian  kalinya. Kemungkinan ada dua lagi yang belum tertangkap,"ujar.Fortonius Portuner

Rencananya warga akan menyerahkan buaya ini ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat. Namun warga meminta pemerintah untuk mengganti pintu air yang rusak yang selama ini kurang mendapat perhatian pemerintah.

Di desa yang berada di pinggir Sungai Kapuas ini kemunculan buaya sering terjadi, warga setempat kwatir dengan adanya binatang buas ini yang sudah masuk keparit  parit di karnakan anak anak sering mandi dan main di Parit Parit.(tim liputan)

Editor : Heri K
Share:
Komentar

Berita Terkini