Tradisi Ritual Robo-robo di Sui Kakap Kubu Raya legenda leluhur Ratusan Tahun Silam

Editor: Redaksi author photo
Tampak Bupati Kubu Raya H Rusman Ali dan Anggota DPR-RI Sy Abdullah ikuti Tradisi Robo-robo di Sui Kakap (*)

Kubu Raya (Kalbar News) – Ribuan masyarakat ramaikan puncak Pekan Raya Budaya Robo-Robo di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (7/11/2018). 

Tradisi Budaya yang telah melegenda sejak ratusan tahun silam ini dihadiri Bupati Kubu Raya Rusman Ali beserta Jajaran Pemerintah Daerah, Anggota DPR RI Erwin Lumban Tobing dan Syarif Abdullah Alkadrie, Anggota DRPD Provinsi Kalimantan Barat dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya.
 
Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali sambut baik pelaksanaan Tradisi Robo-robo di Sui Kakap (*)
Dalam sambutanya Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komit mengembangkan budaya daerah, termasuk melestarikan kebudayaan Robo-Robo, Karena Robo-Robo adalah tradisi yang telah menjadi khazanah budaya yang potensial. Selain merekatkan silaturahmi masyarakat, juga menjaga semangat kekeluargaan yang rukun dan damai.

“Tradisi Ritual Robo-Robo ini tidak boleh melenceng dari nilai-nilai positif warisan leluhur. Sebab, Robo-Robo telah menjadi aset kekayaan budaya di Kabupaten Kubu Raya dan Indonesia pada umumnya,” Ungkap Bupati.

Rusman Ali menegaskan budaya Robo-Robo harus terus dilestarikan sebagai satu di antara aset daerah, karena kebudayaan merupakan salah satu filter dan motor penggerak bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi.

“Teruslah berinovasi dalam rangka mendukung pembangunan dan perkembangan kebudayaan di Kabupaten Kubu Raya,” pesannya.

Sementara itu Camat Sungai Kakap, Tugiono mengatakan bahwa Tradisi Robo-Robo adalah moment warga berkumpul untuk bersilaturahmi dan mensyukuri berbagai nikmat dari Allah SWT, serta sebagai tradisi leluhur yang telah dilakukan secara turun temurun warga di Sungai Kakap ini.

“Alhamdulillah, selaku camat dan penanggung jawab kegiatan kami mengapresiasi masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kesuksesan pelaksanaan acara ini,ujar Tugiono.

Tugiono juga menjelaskan Rangkaian kegiatan Pekan Raya Budaya Robo-robo kali ini terdiri dari hiburan Jepin, Qasidah, Marawis, Tari Kreasi Melayu, dan Busana Muslim dan lomba Sampan Bidar. (tim liputan)

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini