-->

BREAKING NEWS

BANJIR MELANDA BEBERAPA DESA SEPANJANG JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, SELAIN KARENA AIR PASANG CURAH HUJAN SEMAKIN MEMPERPARAH BANJIR TERSEBUT, SEHINGGA MELUMPUHKAN AKTIFITAS WARGA SEKITAR, MENTERI KELAUTAN DAN PERIKANAN, EDDY PRABOWO DIKABARKAN DITANGKAP OLEH KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DALAM OPERASI TANGKAP TANGAN, ARUS KENDARAAN DARI ARAH JEMBATAN KAPUAS 2 MENUJU JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG MACET TOTAL, KEMACETAN HINGGA MENCAPAI 1 KM, BELUM DIKETAHUI PENYEBABNYA HINGGA KINI BELUM ADA KETERANGAN RESMI, KEBAKARAN KEMBALI TERJADI, KALI INI DI KOMPLEK PERTOKOAN DI JL TRANS KALIMANTAN SUNGAI AMBAWANG KAB KUBU RAYA, NQMUN DAPAT SIATASI DWNGAN CEPAT OLEH PEMADAM KEBAKARAN YANG TIBA DWNGAN CEPAT DI TKP, LEMBAGA PENDIDIKAN YARSI PONTIANAK TANDA TANGANI MOU PENERIMAAN MAHASISWA DARI SANTRI BERPRESTASI DAN HAFIZ-HAFIZHOH TANPA TEST, LAKI SIAP DUKUNG PEMERINTAH DALAM PEMBERANTASAN KORUPSI DI KALBAR, BAPILU DPD PDI PERJUANGAN TARGETKAN MENANG 100 PERSEN PILKADA SERENTAK DI KALBAR, PENEMUAN MAYAT DI GG DUNGUN PONTIANAK HEBOHKAN WARGA SEKITAR, HINGGA SAAT INI MAYAT MASIH BERADA DILOKASI KEJADIAN MENUNGGU APARAT KEPOLISIAN MENGEVAKUASI MAYAT TERSEBUT, PASANG IKLAN ANDA DI SINI, HARGA DAN KWALITAS IKLAN TERJAMIN SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI EMAIL : REDAKSIKALBARNEWS@GMAIL.COM ATAU DI WHATSHAP : 085750113979 - 085245460919

Tradisi Ritual Robo-robo di Sui Kakap Kubu Raya legenda leluhur Ratusan Tahun Silam

Redaksi author photo
Tampak Bupati Kubu Raya H Rusman Ali dan Anggota DPR-RI Sy Abdullah ikuti Tradisi Robo-robo di Sui Kakap (*)

Kubu Raya (Kalbar News) – Ribuan masyarakat ramaikan puncak Pekan Raya Budaya Robo-Robo di Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (7/11/2018). 

Tradisi Budaya yang telah melegenda sejak ratusan tahun silam ini dihadiri Bupati Kubu Raya Rusman Ali beserta Jajaran Pemerintah Daerah, Anggota DPR RI Erwin Lumban Tobing dan Syarif Abdullah Alkadrie, Anggota DRPD Provinsi Kalimantan Barat dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya.
 
Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali sambut baik pelaksanaan Tradisi Robo-robo di Sui Kakap (*)
Dalam sambutanya Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyatakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya komit mengembangkan budaya daerah, termasuk melestarikan kebudayaan Robo-Robo, Karena Robo-Robo adalah tradisi yang telah menjadi khazanah budaya yang potensial. Selain merekatkan silaturahmi masyarakat, juga menjaga semangat kekeluargaan yang rukun dan damai.

“Tradisi Ritual Robo-Robo ini tidak boleh melenceng dari nilai-nilai positif warisan leluhur. Sebab, Robo-Robo telah menjadi aset kekayaan budaya di Kabupaten Kubu Raya dan Indonesia pada umumnya,” Ungkap Bupati.

Rusman Ali menegaskan budaya Robo-Robo harus terus dilestarikan sebagai satu di antara aset daerah, karena kebudayaan merupakan salah satu filter dan motor penggerak bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi.

“Teruslah berinovasi dalam rangka mendukung pembangunan dan perkembangan kebudayaan di Kabupaten Kubu Raya,” pesannya.

Sementara itu Camat Sungai Kakap, Tugiono mengatakan bahwa Tradisi Robo-Robo adalah moment warga berkumpul untuk bersilaturahmi dan mensyukuri berbagai nikmat dari Allah SWT, serta sebagai tradisi leluhur yang telah dilakukan secara turun temurun warga di Sungai Kakap ini.

“Alhamdulillah, selaku camat dan penanggung jawab kegiatan kami mengapresiasi masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kesuksesan pelaksanaan acara ini,ujar Tugiono.

Tugiono juga menjelaskan Rangkaian kegiatan Pekan Raya Budaya Robo-robo kali ini terdiri dari hiburan Jepin, Qasidah, Marawis, Tari Kreasi Melayu, dan Busana Muslim dan lomba Sampan Bidar. (tim liputan)

Editor : Heri K

Komentar Anda

Berita Terkini