Sutarmidji Pastikan Pemerataan Pembangunan Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat

Editor: Redaksi author photo

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji lakukan Kunjungan Kerja ke Kab Sekadau (*)


Sekadau (Kalbar News) Dalam Upaya memastikan fokus dalam pemerataan pembangunan di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalbar. Gubenrnur Kalbar H Sutarmidji, SH M.Hum lakukan kunjungan dan melihat langsung Proses Percepatan Pembangunan di Daerah-Daerah. 

Seperti yang dilakukan Senin (5/11/2018) Gubernur lakukan Kunjunganya di Kabupaten Sekadau.

"Saya ingin Pembangunan ini harus ada pemerataan, Ada beberapa jalan yang jadi tanggung jawab Provinsi. Kita lihat yang mana yang paling utama untuk dilaksanakan, oleh karena itulah saya turun langsung,”jelasnya.

Kedepan, Gubernur Kalbar Sutarmidji meminta harus ada sinergikan antara Provinsi, Pusat dan Kabupaten dalam pembangunannya. 

Ia mencontohkan, perencanaannya di Kabupaten, dan Provinsi yang membantu melaksanakannya.

"Saya lihat di Sanggau ini, Bupatinya sudah bangun objek wisata, dan Provinsi akan membantunya. Mudah-mudahan ini benar-benar menjadi ikon Sanggau," jelasnya.

Intinya, masih kata Gubernur Kalbar Sutarmidji, Provinsi mengalokasikan 20 persen anggaran belanja langsung APBD Provinsi untuk menyelesaikan indikator Desa Mandiri.

"Ini bukan pekerjaan mudah tapi bisa dilakukan, saya yakin tahun pertama saya memimpin bisa membangun 20 Desa Mandiri, yang saat ini Kalbar hanya punya 1 Desa Mandiri di KKU yaitu desa sutra," ujar Sutarmidji.

Sutarmidji juga menekankan pentingnya data dalam metata kelola pemerintahan. "APBD harus merujuk pda data, kita harus belerja bedasarkan data," jelasnya.

Ditekankan Sutarmidji bahwa dirinya beraama Ria Norsan akan membangun Kalbar secara berkeadilan serta akan fokus pada infrastruktur jalan, pendidikan dan kesehatan.

Sutarmidji menuturkan saat ini daya saing Kalbar masih si peringkat ke-33 dari 34, hal itu menurutnya harus digenjot.

"Kabupaten/Kota harus bersinergi dengan Provinsi. Gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah," lanjut Sutarmidji. (cus/tim liputan).

Editor : Heri K

Share:
Komentar

Berita Terkini