Wakil Bupati Kubu Raya : Ritual Bakar wangkang merupakan kekayaan Budaya

Editor: Redaksi author photo


 
Drs.Hermanus, M.Si Wakil Bupati Kubu Raya
Sui Raya – Kalbar News
Wakil Bupati Kubu Raya Drs. Hermanus, M.Si  hadir menyaksikan ritual pembakaran replika kapal wangkang di Desa Parit Baru Kec. Sui Raya kabupaten Kubu Raya (6/9), dalam sambutanya Hermanus menyatakan berkomitmen dan memberikan dukungan serta apresiasi kegiatan ritual pembakaran wangkang ini, sebagai Kekayaan budaya yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

"Kedepannya akan kita upayakan untuk menjalin kerjasama yang lebih baik, sehingga kegiatan ini dapat dikemas lebih baik," ujar Hermanus.

Menurut Hermanus, moment atau ritual acara ini dapat menjadi nilai tambah dan bisa dijual sebagai wisata budaya atau wisata religi yang dimiliki oleh Kalimantan Barat khususnya Kubu Raya, sehingga bisa memberikan sebuah kebanggan yang dimiliki oleh Kabupaten Kubu Raya.

"Melalui kegiatan seperti ini tentunya Kubu Raya akan lebih dikenal, apalagi kegiatan ini memiliki tujuan tersendiri yakni penghormatan bagi masyarakat Tionghoa terhadap leluhur mereka," ujarnya

Selain itu lanjut dia, kegiatan semacam ini dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kebersamaan, menghormati satu sama lain dalam kbinekaan yang ada di Kubu Raya, karena Kubu Raya memiliki berbagai macam etnis, Agama, adat istiadat dan lain sabagainya.

"Yang hadir dan menyaksikan proses pembakaran replika kapal wangkang ini. Bukan hanya masyarakat Tionghoa, namun dihadiri masyarakat dari berbagai etnis, untuk itu kegiatan ini perlu dilestarikan dan ditingkatkan sehingga bisa menjadi daya tarik wisata budaya di Kubu Raya," pungkasnya. (eds)

Share:
Komentar

Berita Terkini