KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK) – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 resmi menghadirkan fitur Satuan Anti Scam dan Spam (SATSPAM) sebagai solusi perlindungan digital bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Pontianak. Fitur ini menjadi langkah nyata IM3 dalam menjawab keresahan publik terhadap maraknya ancaman penipuan digital yang dialami sekitar 65% masyarakat Indonesia setiap minggunya.IM3 Hadirkan SATSPAM di Pontianak, Wujud Perlindungan Digital dari Ancaman Scam dan Spam
SATSPAM hadir terintegrasi langsung dalam jaringan IM3 sehingga dapat diakses otomatis oleh pelanggan tanpa instalasi tambahan. Sistem ini bekerja real-time untuk mengenali, menyaring, dan memberikan peringatan terhadap potensi penipuan digital baik melalui SMS maupun panggilan telepon dari nomor mencurigakan.
Dalam momentum pengenalan fitur ini, IM3 menggelar Parade SATSPAM di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Pontianak. Ratusan pasukan kuning turun ke jalan untuk mengedukasi masyarakat melalui gerakan #NomorModusNoMore, sebagai simbol komitmen IM3 dalam memerangi scam dan spam.
“Di momen kemerdekaan Indonesia ke-80 ini, IM3 mempersembahkan SATSPAM sebagai langkah nyata untuk merdeka dari ancaman scam dan spam. Lebih dari sekadar fitur, SATSPAM menjadi standar baru keamanan digital di industri telekomunikasi Indonesia. Dengan dukungan teknologi Alvolusi5G—perpaduan AI dan jaringan 5G—SATSPAM mampu memberikan proteksi yang adaptif dan relevan,” ujar Swandi Tjia, EVP Head of Circle Kalisumapa IOH, Minggu (24/8/25).
SATSPAM tersedia dalam dua tipe:
SATSPAM Basic: Aktif otomatis bagi seluruh pengguna IM3 Prabayar dengan paket data aktif. Memberikan deteksi dasar terhadap nomor mencurigakan saat menerima panggilan atau SMS.
SATSPAM+: Proteksi lebih tinggi untuk pelanggan IM3 dengan paket internet minimal Rp50.000 atau pengguna Pascabayar Platinum. Fitur ini mampu mengenali jenis panggilan masuk, mendeteksi tautan berbahaya di SMS secara real-time, serta mengirimkan laporan mingguan melalui aplikasi myIM3.
Sebagai bagian dari kampanye edukasi, IM3 juga berkolaborasi dengan Najwa Shihab untuk menyuarakan pentingnya literasi digital dan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penipuan digital.
Dengan hadirnya SATSPAM, pelanggan IM3 kini dapat lebih tenang menjawab panggilan telepon dan membaca pesan tanpa khawatir akan potensi penipuan. Informasi lengkap mengenai layanan ini dapat diakses melalui www.im3.id/satspam. (Tim Liputan)
Editor : Aan