Ecomobi dan Lazada Affiliate: Dirintis dari Nol, Kini Jadi Perusahaan Regional yang Menggerakkan Bisnis "Affiliate Marketing" di Asia Tenggara

Editor: Redaksi author photo

KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA)  -- Di Lazada Affiliate SEA Awards 2025, Ecomobi sukses meraih gelar "Affiliate of the Year 2024" berkat kontribusinya yang luar biasa terhadap ekosistem bisnis afiliasi.


Pencapaian penting

Berdiri pada 2016, Ecomobi memanfaatkan perkembangan pesat online shopping di Asia Tenggara dengan mengubah bisnis afiliasi (affiliate marketing) menjadi sumber pendapatan rutin untuk berbagai perusahaan dan konten kreator. Pada 2018, Ecomobi berkolaborasi dengan Lazada dengan memanfaatkan arus pengunjung media sosial untuk memopulerkan program "Lazada Affiliate" di Asia Tenggara.


Ecomobi kini menjadi salah satu platform affiliate marketing terbesar di Asia Tenggara yang menawarkan ekosistem terpadu untuk perusahaan, kreator, dan pengguna. Dengan dukungan 1 juta lebih kreator, serta memproses 2,5 juta pesanan produk setiap bulan, Ecomobi kini telah beroperasi di Vietnam, Filipina, Thailand, Malaysia, dan Indonesia, bahkan terus berekspansi.


Pada 23 Mei 2025, di ajang "Lazada Affiliate SEA Awards", sukses meraih gelar "Affiliate of the Year 2024" di pasar Filipina. Gelar tersebut juga diraih Ecomobi di Vietnam, Malaysia, dan Thailand. Pencapaian ini merupakan momen penting dalam kiprah Ecomobi selama sembilan tahun terakhir.  


Di ajang ini, Ecomobi turut berbagi pengalaman inspiratif dari KOC yang terus memotivasi tim. Sejumlah pesan seperti "Aku dapat order pertama senilai $100!" yang dikirim pukul 2 dini hari, atau ungkapan seorang ibu muda, "Berkat Ecomobi, sekarang saya bisa menghidupi keluarga dari penghasilan afiliasi", bukan sekadar pencapaian pribadi--namun lebih dari itu, pesan-pesan seperti ini menjadi sumber semangat yang terus mendorong Ecomobi untuk berkembang, meningkatkan kualitas layanan, dan membantu lebih banyak orang.

Ms. Do Kim Dung represents Ecomobi to receive the award
Ms. Do Kim Dung represents Ecomobi to receive the award

Rahasia Kesuksesan Ecomobi: Cepat Bertindak, Bangkit dari Kegagalan, dan Belajar

Perjalanan yang ditempuh Ecomobi tak selamanya mudah. Awalnya, banyak kreator memilih upah tetap sebagai jaminan pendapatan, sebab penghasilan sebagai afiliator yang bergantung pada omzet dinilai tidak memberikan kepastian. 


Untuk membuktikan potensi dari model bisnisnya, Ecomobi menguji coba strategi PPP, CPC, dan hybrid agar kreator bisa membangun saluran remarketing. Dengan eksperimen ini, Ecomobi memprioritaskan fleksibilitas, beradaptasi dan belajar dengan cepat dari setiap kesuksesan atau kegagalan.


Eksperimen ini bahkan tak hanya berlaku pada program "Lazada Affiliate", namun juga seluruh aktivitas bisnis, mulai dari pengembangan produk hingga strategi ekspansi pasar. Dengan mengutamakan kegesitan, bukan pendekatan baku, Ecomobi selalu beradaptasi dan berkembang. Setiap eksperimen, baik berhasil atau gagal, membuat Ecomobi semakin cepat memperoleh solusi terbaik.


Unsur utama Ecomobi yang mendukung visi 2025 Lazada

Gelar tersebut tak hanya melambangkan komitmen Ecomobi pada inovasi di sektor digital commerce Asia Tenggara. Maka, penghargaan tersebut bukan sekadar pencapaian penting, namun juga mendorong Ecomobi untuk terus membuat terobosan, meningkatkan solusi bisnis afiliasi, memperkuat teknologi influencer marketing, serta memberikan manfaat untuk semua pemangku kepentingan.


Sebagai salah satu mitra strategis dalam program bisnis afiliasi Lazada 2025, Ecomobi membangun generasi baru bisnis affiliate marketing, termasuk:

  • Merekrut dan membina sumber trafik dengan retensi pelanggan yang optimal, seperti Mini KOC, jaringan anggota berbasiskan referensi, serta komunitas mikro yang diakui HubSpot sebagai motor penting dalam pertumbuhan berkelanjutan. Setelah era media massa memudar, konsumen beralih dari konten yang seragam, serta mencari konten personal yang memiliki keterikatan emosional dan autentik.
  • Mengelola jaringan yang mencakup lebih dari satu juta publisher dan KOC.
  • Membangun sistem penelusuran (tracking) dan pelaporan secara seketika dalam format multidimensi untuk mengoptimalkan kinerja.

Ke depan, Ecomobi secara bertahap memperluas jangkauan bisnisnya di luar sektor e-commerce. Ecomobi aktif menjajaki sektor-sektor baru seperti tekfin, pariwisata, transportasi, dan lokapasar yang berorientasi pada AI--tujuannya, membangun infrastruktur lengkap untuk bisnis afiliasi di Asia Tenggara.


"Ecomobi tak hanya menganggap affiliate marketing sebagai alat pertumbuhan bisnis. Namun, affiliate marketing berperan sebagai infrastruktur masa depan digital commerce di Asia Tenggara," ujar CEO Ecomobi. "Kami membangun ekosistem yang mendukung semua orang, mulai dari KOC skala kecil hingga influencer ternama, bisa mengubah minat menjadi karier yang berkelanjutan." (tim liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini