Indosat Ooredoo Hutchison Lanjutkan Inisiatif ‘Sampah Jadi Pulsa’,
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Ooredoo
Hutchison (Indosat atau IOH) terus
memperkuat komitmennya dalam mendukung pemberdayaan Indonesia melalui inisiatif
“Sampah Jadi Pulsa.” Program yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2022 ini
merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social
Responsibility/CSR) Indosat di pilar lingkungan.
Dengan tujuan mengatasi permasalahan sampah plastik melalui konversi sampah menjadi pulsa bagi masyarakat yang berpartisipasi, inisiatif ini sejalan dengan agenda jangka panjang pembangunan Indonesia, khususnya pada pilar transformasi ekonomi melalui inovasi dan penerapan ekonomi hijau.
Steve Saerang, SVP Head of Corporate
Communications Indosat Ooredoo Hutchison mengatakan,
“Kami ingin menunjukkan bagaimana sampah plastik dapat diubah menjadi sesuatu
yang bernilai, sekaligus memanfaatkan teknologi digital untuk menjaga
kelestarian lingkungan. Hal ini merupakan bagian dari kontribusi kami dalam
mendukung pembangunan jangka panjang Indonesia dan juga wujud nyata tujuan
besar Indosat dalam memberdayakan Indonesia.”
Program Sampah Jadi Pulsa memungkinkan masyarakat berkontribusi aktif dalam pengurangan sampah dengan mengumpulkan dan menyetor botol plastik melalui Reverse Vending Machine (RVM) di berbagai kota di Indonesia.
Sejak diluncurkan, program ini telah berhasil
mengumpulkan lebih dari 23.000 botol plastik—setara dengan 437 kg plastik—dan
mengonversinya menjadi pulsa digital senilai Rp 14 juta, dengan partisipasi
dari 1.032 pengguna. Keberhasilan program ini menunjukkan komitmen Indosat yang
berkelanjutan dalam mendukung program pemerintah untuk mengurangi limbah
plastik sekaligus mempromosikan praktik lingkungan yang berkelanjutan.
Dukungan untuk MotoGP Mandalika 2024 dengan
Kampanye #TrashFreeRace
Sebagai bagian dari MotoGP Mandalika 2024,
Indosat Ooredoo Hutchison memperkuat upaya pelestarian lingkungan melalui
kampanye #TrashFreeRace. Inisiatif ini mendorong penonton acara dan masyarakat
setempat untuk berpartisipasi aktif dalam mengurangi limbah plastik selama
acara berlangsung. Kampanye ini sejalan dengan program Sampah Jadi Pulsa, yang
mengedepankan pengelolaan sampah dengan solusi berbasis teknologi digital.
Steve Saerang, SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Hutchison menyatakan, “MotoGP Mandalika 2024 menjadi momen yang tepat untuk memperkuat pesan inisiatif lingkungan kami melalui kampanye #TrashFreeRace. Kami mengajak para penonton untuk turut serta mengurangi sampah plastik selama acara berlangsung.
Dengan melibatkan masyarakat, kami ingin menunjukkan bagaimana sampah plastik dapat diubah menjadi sesuatu yang bernilai, sekaligus memanfaatkan teknologi digital untuk menjaga kelestarian lingkungan.”
Para penonton dapat menukarkan botol plastik
dengan pulsa IM3 dan Tri melalui Reverse Vending Machines (RVM)
atau dropbox yang tersedia di area Sirkuit Mandalika. Untuk memastikan
partisipasi yang lebih luas, dropbox tambahan telah ditempatkan di beberapa
lokasi strategis di sekitar Kuta Mandalika.
Indosat juga bekerja sama dengan Conplas,
mitra pengelola sampah lokal, untuk mendaur ulang botol plastik yang terkumpul
menjadi paving block yang akan digunakan dalam pembangunan
infrastruktur di Lombok, sehingga memberikan manfaat nyata bagi lingkungan dan
masyarakat setempat.
Dukung Pelestarian Lingkungan dan
Pemberdayaan Masyarakat
Ke depannya, program Sampah Jadi Pulsa akan
terus diperluas ke berbagai kota di seluruh Indonesia. Masyarakat yang ingin
berpartisipasi dalam gerakan ini dapat mengunjungi dropbox di kota mereka,
membawa botol plastik, dan memastikan nomor Indosat (IM3 atau Tri) mereka
aktif. Setiap botol yang disetor akan memberikan poin yang dapat ditukarkan
dengan pulsa melalui proses digital yang mudah.
Melalui inisiatif Sampah Jadi Pulsa, Indosat
berkomitmen untuk terus melestarikan lingkungan secara berkelanjutan dengan
memperkuat kolaborasi strategis dengan mitra lokal maupun global untuk mencapai
tujuan besar dalam memberdayakan Indonesia melalui pemanfaatan teknologi
digital. (Tim Liputan)
Editor : Aan