Deni Purwanto Raih Top 10, Nomine Penyuluh Agama Islam Award 2024 Tingkat Nasional Tahap I

Editor: Redaksi author photo

Penyuluh Agama Islam Fungsional dari Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Deni Purwanto, Penyuluh Agama Islam Fungsional dari Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, berhasil lolos sebagai 10 besar nomine tingkat nasional dalam ajang Penyuluh Agama Islam Award 2024 kategori Pendampingan Kelompok Rentan. Pengumuman ini disampaikan oleh Dirjen Bimas Islam Kemenag RI melalui surat nomor B.860/Dt.III.III/HM.01/6/2024, Rabu (26/06/2024).


Deni Purwanto melewati berbagai tahap seleksi yang dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga seleksi administrasi tingkat nasional. Berdasarkan hasil penilaian portofolio, video, dan karya tulis ilmiah pada seleksi tahap I yang diselenggarakan dari tanggal 11 hingga 13 Juni 2024 di Hotel Horison Ultima Bhuvana Ciawi Bogor, Deni berhasil masuk dalam 10 besar nomine nasional yang akan mengikuti seleksi tahap II.


Ustadz yang sejak dulu aktif di organisasi keislaman di Kota Singkawang yang lahir di sukoharjo, 30 oktober 1977 pernah menempuh pendidikan di Sekolah Dasar di SDN 02 Desa Kunden Kecamatan Bulu Kabupaten Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah dan SMPN 01 Bulu, dan malamnya belajar di Diniyah Al Anwar Kunden


Setelah mendapatkan ijazah Madrasah Aliyah dari MAN Sukoharjo, Deni Purwanto melanjutkan Pendidikan di Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta dan berhasil menyandang gelar sarjana (S.Ag) pada Tahun 2001. Setelah mendapat berbagai pengalaman di luar kampus, Tahun 2005 Deni Purwanto mulai mengabdikan diri untuk negeri menjadi Penyuluh Agama Islam PNS pada Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.


Dalam kiprahnya sebagai penyuluh agama islam, salah satu fokus pembinaannya adalah pendampingan kepada mualaf. Dikarenakan mereka masih baru dalam memeluk agama islam, sehingga sangat perlu mendapat bimbingan dan penyuluhan yang intensif agar bisa melaksanakan syariat agama secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan syariat.  


Dalam malaksanakan pembinaan deni purwanto, menggunakan metode dan strategi yang khusus antara lain dengan membentuk majelis taklim khusus mualaf sebagai sarana berkumpul dan belajar, melaksanakan home visiting atau kunjungan rumah untuk menjalin silaturrahmi yang lebih erat, dan melaksanakan konseling guna memecahkan masalah baik yang berhubungan dengan syariat maupun kemasyarakatan. 


Disamping itu deni purwanto juga bekerja sama dengan Baznas Kota Singkawang untuk memberikan bantuan materi dalam rangka menunjang dan meningkatkan motivasi para mualaf.


Dari kiprahnya ini, mulai nampak hasil yang didapatkan diantaranya jamaah mualaf sudah bisa menjalankan sholat dan mengaji disamping itu mereka juga termotivasi untuk menjalankan syariat agama islam dengan penuh kesadaran sehingga bisa menarik para mualaf yang lain untuk bergabung.


Menjadi sebuah Harapan besar  dari Kegiatan yang sampai sekarang masih berlangsung ini menjadi inspirasi bagi penyuluh  agama dan lembaga terkait untuk bersinergi dalam rangka membina mualaf di Kota Singkawang. 


Karena mereka sangat perlu sentuhan ruhani  dalam rangka memahami dan mengamalkan agama islam secara baik dan benar. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini