Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 di Pelindo Regional 2 Pontianak

Editor: Redaksi author photo

Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 di Pelindo Regional 2 Pontianak 

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
  – General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi menjadi Pembina pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang diselenggarakandi halaman Kantor Cabang Pelindo Regional 2 Pontianak pada Sabtu (1-6-2024).

 

Upacara diikuti oleh seluruh insan pegawai Regional 2 Pontianak beserta anak perusahaandansubholding yang berada di lingkungan kerja Regional 2 Pontianak.

 

Bertindak sebagai Komandan Upacara Capt. Darul Anwar dan pengibar bendera merahputihyaitu, M. Karim, Hanif dan Juandi.

 

Hambar Wiyadi dalam amanatnya membacakan sambutan resmi Kepala Badan PembinaanIdeologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024.

 

Dalam sambutan tersebut Yudian Wahyudi menyampaikan bahwa Peringatan Hari LahirPancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju IndonesiaEmas 2045”.

 

Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengansegalaperbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yangmaju, mandiri dan berdaulat.

 

Kemudian disampaikan oleh Yudian bahwa dalam momentum yang sangat bersejarah ini, mengajakkomponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasilake dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

 

Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangandan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dantangguhsebagai bangsa yang besar.

 

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakanbintangpenuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

 

 

Hal lain yang juga menjadi disampaikan yaitu perkembangan situasi global yang ditandai kemajuanteknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

 

Pancasiladiharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

 

Pesatnyakemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi danponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yangmencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara.

 

 

Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakanPancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelakuutamapembangunan bangsa.

 

Akhir pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang dibacakanHambar Wiyadi bahwa beliau mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotongroyong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

 

Kita harusbekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalannilai-nilai Pancasila. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini