Mahasiswa PIAUD Praktek di RA Labschool IAIS Sambas

Editor: Redaksi author photo

Mahasiswa PIAUD Praktek di RA Labschool IAIS Sambas

KALBARNEWS.CO.ID (SAMBAS) - 
Program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester VI IAIS Sambas melaksanakan kegiatan praktek ke sekolah khususnya di PAUD/RA untuk memenuhi tugas Ujian Tengah Semester (UTS).


Dengan cara melakukan praktek berupa melaksanakan proses belajar mengajar di PAUD/RA yang mereka kunjungi. Kegiatan praktek kali ini mereka laksanakan di RA Labschool IAIS Sambas pada hari Rabu, 05 Juni 2024.


Tresa Nur Anggraini merupakan salah satu mahasiswa program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) semester VI yang melaksanakan tugas praktek ini mengungkapkan sangat merasa senang dikarenakan dengan diadakannya Ujian Tengah Semester (UTS) untuk mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini membuat saya banyak belajar dan ini merupakan pengalaman baru bagi saya.


Ada beberapa tahapan proses pembelajaran yang saya lakukan di dalam kelas, diantaranya :

1. Pertama mengajak anak berbaris sebelum masuk kelas

2. Kegiatan fisik-motorik sebelum memulai pembelajaran

3. Kegiatan pembukaan :  Mengabsen anak-anak

4. Kegiatan inti : Proses belajar mengajar menggunakan buku tema

5. Kegiatan pembelajaran dengan sub tema Tempat Wisata (pantai)

6. Kegiatan 1 :  Anak menghitung benda yang ada di gambar dan menulisnya

7. Mengoreksi hasil pekerjaan anak bersama-sama

8. Kegiatan 2 : Membuat topi pantai

9. Memakai topi yang dibuat bersama-sama

10. Kegiatan penutup : Diselingi dengan makan bersama


Bahkan saya juga sangat bersyukur dan berterimakasih dengan adanya tugas praktek belajar mengajar yang diberikan oleh bapak Bayu, M.Pd ini, karena dengan adanya tugas seperti ini membuat saya mendapatkan banyak ilmu serta pengalaman yang mungkin tidak saya dapatkan sebelumnya, tuturnya.


Menurut Bayu, M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di IAIS Sambas ini menjelaskan bahwa, tujuan dengan diadakannya tugas Ujian Tengah Semester (UTS) seperti ini menurutnya secara tidak langsung merupakan salah satu bentuk penugasan berupa praktek mengajar secara langsung turun ke sekolah seperti di PAUD/RA dengan cara melakukan praktek belajar mengajar dalam proses Penelitian Tindakan Kelas (PTK).


Dengan diadakannya kegiatan seperti ini akan membuat mahasiswa lebih mudah memahami apa yang telah mereka pelajari di dalam kelas, sehingga dengan diadakannya kegiatan praktek belajar mengajar di sekolah khususnya PAUD/RA akan memberikan sebuah pembelajaran secara langsung mengenai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut,'' tutupnya. (Tim Liputan).

Editor : Lan

Share:
Komentar

Berita Terkini