Wawan Optimis Maju Bupati Mempawah

Editor: Redaksi author photo

 Wawan Optimis Maju Bupati Mempawah 

KALBARNEWS.CO.ID (MEMPAWAH)
-  Bursa Calon Kepala Daerah pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mempawah 2024 bertambah setelah Hermawansyah menyerahkan berkas pendaftaran dirinya ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mempawah. 


Saat penyerahan berkas, pria kelahiran Desa Sungai Bakau Kecil itu diterima oleh staf Sekretariat PDI Perjuangan, Nanik Sawitri, pada Senin (29/04/2024).


Menanggapi beberapa nama yang muncul dalam Pilkada Mempawah 2024, pegiat pemberdayaan dan lingkungan ini mengatakan hal itu mengindikasikan geliat demokrasi lokal berjalan dengan baik.


“Banyaknya kandidat yang muncul pada Pilkada kali ini setidaknya merepresentasikan 2 hal: pertama, adanya jaminan kebebasan sipil dalam hal ekspresi hak politik; kedua, adanya semangat melahirkan arus baru perubahan di Mempawah,” jelas pria yang akrab disapa Wawan.


Menurut aktivis Reformasi ini, Mempawah memiliki sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang sangat potensial. “Tantangannya ada pada ketersediaan ruang-ruang partisipasi publik mengawal roda pemerintahan dan keterbukaan dalam birokrasi pelayanan publik. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian mengelola daerah,” jelas senior alumni GMNI setelah penyerahan formulir.


“Saat berinteraksi dengan saudara-saudara dan kawan-kawan di Mempawah, saya menangkap adanya harapan baru untuk Mempawah menjadi wilayah yang maju dan unggul. Mempawah memiliki sejarah yang panjang. Akar budayanya juga tinggi. Modalitas itu perlu diangkat kembali agar memunculkan kebanggaan kita atas Bumi Galaherang,” papar Wakil Ketua PWNU Kalbar 2017-2022.


Wawan sudah malang-melintang di dunia gerakan sosial. Pasca mengawal Reformasi 1998, ia dan kolega mendirikan Gemawan, lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada pembelaan dan pengorganisasian masyarakat marjinal di Kalimantan Barat. 


Segudang pengalaman dimilikinya, mulai dari pendidikan politik rakyat, antikorupsi, advokasi anggaran, hingga sumberdaya alam dan tata ruang. Ia juga menjadi konsultan di lembaga nasional dan internasional. “Saya ingin pengalaman yang sudah diperoleh selama ini dapat dipersembahkan untuk tanah kelahiran saya. Balek kampong-lah, kate orang sinik,” seloroh alumni SMA Negeri 1 Mempawah.


Selain mengambil berkas pendaftaran di DPC PDI Perjuangan Mempawah, Wawan juga sudah mengambil berkas Calon Kepala Daerah di DPC PKB Mempawah. “Setelah ini, saya akan mengembalikan berkas pendaftaran ke PKB Mempawah. Ada beberapa partai lain yang akan menyusul. Saya mohon doanya dari kawan-kawan semua agar semua proses ini bisa berjalan lancar,” tutup Wawan. (IzH)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini