Sambut Ramadhan: Peserta KKNI Malaysia Hadiri Kajian Dan Sharing Di Surau Al Firdaus

Editor: Redaksi author photo

Peserta KKNI Malaysia Hadiri Kajian Dan Sharing Di Surau Al Firdaus

KALBARNEWS.CO.ID (MALAYSIA)
- Tepat pada Ahad, 10 Maret 2024 peserta KKN Internasional Unida Gontor menjalankan community service di Surau Al Firdaus Nilai Impian (SAFNI) Laman Lavenda, 71800 Nilai, Negeri Sembilan. Adapun kegaitan pertama yang dilaksanakan berupa kajian ilmiah yang dibalut dengan nilai-nilai Islami dalam acara Sharing Session on Islam Environment Sustainability. Kajian ini disampaikan oleh Prof. Emeritus Ir Dr. Robiah Yunus (FIChemE, FASc, PEng, CEng) dan Dr. Muhammad Fauzi bin Harits dengan sangat memukau. Minggu (10 Maret 2024).


وَإِلَىٰ ثَمُودَ أَخَاهُمْ صَالِحًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُم مِّنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ هُوَ أَنشَأَكُم مِّنَ الْأَرْضِ وَاسْتَعْمَرَكُمْ فِيهَا فَاسْتَغْفِرُوهُ ثُمَّ تُوبُوا إِلَيْهِ ۚ إِنَّ رَبِّي قَرِيبٌ مُّجِيبٌ

“Ketika kejahatan yang dilakukan oleh manusia terhadap lingkungan sudah melampaui batas kewajaran, alam pun pada akhirnya membalasnya dalam bentuk-bentuk musibah yang terjadi. Sebagaimana telah disampaikan, ketika musibah terjadi, dia tak lagi memerhatikan siapa yang baik atau siapa yang buruk, siapa yang melakukan sampah tidak pada tempatnya dan siapa yang membuang sampah pada tempatnya,”ujar Prof. Emeritus Ir Dr. Robiah Yunus.


Tidak hanya itu, dilanjutkan dengan Visiting The PARC: Collect Samples & Microscope Analysis oleh Ustadz Zolkapli Eshak, di sini kami diajak untuk mengeksplorasi keyakinan bahwa mikroorganisme adalah salah satu bukti kebesaran Allah dan keajaiban alam semesta.


Kegiatan kali ini disambung dengan Tazkirah Menjelang Bulan Suci Ramadhan: Tadabbur Sunnah-Sunnah Nabi Al-Ustadz Iman Hj Rahim dan Al-Ustadz Salman Alfarizi, M. Pd. “Sabar dan Syukur merupakan dua bukti keimanan kita kepada Allah SWT. Sabar kita harus melebihi daripada rasa Syukur yang kita miliki karena sabar adalah bentuk kekuatan bagi jiwa seorang mukmin”. Ujar ustadz Salman.


Perwakilan dua mahasiswa Unida Gontor  Romlah Hamidah mengatakan alhamdulillah kami mendapat tawjihat wal irsyadat sebelum menjelang bulan romadhon di surau alfirdaus. Segala tentang malaysia tidak bisa diucapkan dengan kata-kata maupun dieja dalam bentuk tulisan dalam segala hal, baik dalam hidangan makanan ataupun tutur sapa kepada para tamu.


“Semoga kedatangan kami dapat melipatgandakan keberkahan bagi sesame dan dapat berkunjung Kembali pada kesempatan yang lain,” ucap Hakim.


Segala tentang malaysia tidak bisa diucapkan dengan kata-kata maupun dieja dalam bentuk tulisan dalam segala hal, baik dalam hidangan makanan ataupun tutur sapa kepada para tamu.


Dr. Fauziah Hassan selaku pengelola Unit Hubungan Antarbangsa dan Unit mobility di USIM berharap semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menjalin hubungan baik antara USIM dengan Universitas Darussalam Gontor.

 

“Harapan untuk Malaysia adalah agar negara ini terus memperjuangkan keadilan, kesetaraan, dan kemakmuran bagi semua lapisan masyarakat. Mari sudah sepatutnya kita berusaha dan bekerja keras untuk membangun Malaysia yang lebih baik, sejahtera, dan berdaya saing di dunia global. Bersatu kita teguh, bercerai kita roboh. Semoga Malaysia terus berkembang dan menjadi negara yang lebih baik di masa depan,”tutupnya. (WyZ)

Editor : Firdis



Share:
Komentar

Berita Terkini