Kajian Tadabbur KKNI Malaysia Universitas Darussalam Gontor Bahas Potensi Wanita Untuk Berubah

Editor: Redaksi author photo

Peserta putri KKNI Malaysia Universitas Darussalam Gontor

KALBARNEWS.CO.ID (MALAYSIA)
- Peserta putri KKNI Malaysia Universitas Darussalam Gontor mengikuti kajian Tadabbur Al-Qur'an Surah Az-Zumar ayat 53 mengenai Potensi Wanita untuk Berubah. Sabtu (9 Maret 2024).

 

Kajian tersebut diadakan di Pusat Pemerkasaan Pendidikan dan Komuniti (PREPKOM) Kampung Baru Air Panas. PREPKOM Kampung Baru Air Panas sendiri adalah sebuah komunitas yang bergerak di bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

 

Acara kajian ini diisi oleh ustadzah Ilyani Munsarikh yang merupakan ketua OHANA yaitu organisasi yang fokus dalam mendidik wanita dan remaja khususnya dalam tadabbur Al-Quran. Beliau mengatakan bahwa banyak cara dalam mendidik wanita dan remaja, namun tadabbur Al-Quran adalah cara terbaik yang dipilih.

 

Latar belakang beliau memilih cara tersebut yaitu karena menurut beliau hanya tadabbur Al-Quran lah yang dapat menjadi perantara berubahnya manusia. banyaknya masalah yang terjadi di tengah masyarakat pada saat ini, khususnya wanita, hal itu disebabkan karena tidak fahamnya mereka akan isi kandungan Al-Quran.

 

“Apabila seseorang jauh dari Al-Quran, maka hati akan terkunci, dan apabila hati terkunci, maka hidayah tidak akan bisa masuk ke dalam diri seseorang, karena hidayah itu masuk melalui perantara Al-Quran. Apabila kita faham Al-Quran kita akan mengetahui perbedaan antara yang benar dan yang salah" ungkapnya.

 

 

Dalam kajian tadabbur ini para peserta KKNI Malaysia dijelaskan mengenai isi kandungan dari QS. Az-Zumar ayat 53, yaitu mengenai tahapan dalam bertaubat.

 

Ustadzah Ilyani Munsarikh mengatakan terdapat 4 tahap dalam bertaubat, yaitu: Akui secara spesifik dosa yang telah dilakukan, ikhlas bertaubat karena Allah, menumbuhkan rasa penyesalan yang sungguh-sungguh dan berjanji untuk berubah menjadi lebih baik serta tidak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

 

Ustadzah Ilyani Munsarikh menambahkan  untuk semua wanita bisa bertaubat dan memiliki kesempatan yang sama untuk bertaubat, sekecil bahkan sebesar apapun kesalahannya.

 

“Saya pesan menjelang datangnya bulan Ramadhan ini hendaknya kita sadar bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan training bagi seorang hamba untuk meningkatkan ketaqwaannya."tutupnya.(Tim Liputan)

Editor : Firdis

Share:
Komentar

Berita Terkini