Merek dengan Branding Campaign Terbaik Tahun Ini
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Di tengah persaingan konten yang sangat ketat di era digital sekarang
ini, merek harus bisa mewujudkan strategi kampanye merek secara kreatif, unik,
sekaligus inovatif. (7 Maret 2024).
Tanpa ini, konten sebuah merek akan mudah tenggelam dan hilang
di tengah lautan konten yang bersaing saban hari. Akibatnya, kampanye tidak
berdampak apa-apa dan terasa hanya buang-buang duit.
Memfasilitasi tujuan tersebut, MarkPlus, Inc. dan Marketeers
kembali menggelar kompetisi Indonesia Branding Campaign of the Year. Ini
merupakan penghargaan kepada merek-merek yang sukses menciptakan kampanye
pemasaran yang kreatif, inovatif, sekaligus berdampak selama setahun
terakhir.Kompetisi yang diikuti oleh banyak merek ini mengusung empat kategori,
yakni above the line (ATL), below the line (BTL), digital marketing, serta
public relations.
Di era digital, sebuah kampanye merek dinyatakan bagus bila sedikitnya
memenuhi empat elemen yang juga menjadi kriteria penilaian kompetisi ini. Pertama,
creativity. Kampanye harus kreatif dengan menghadirkan hal baru dan unik yang
berbeda dengan kampanye lainnya.
Kedua, innovation. Kampanye tersebut mengusung fungsionalitas
dan nilai tambah yang biasanya didukung dengan teknologi.
Ketiga, reach. Kampanye tersebut mampu menjangkau segmen yang
luas.
Keempat, impact. Ini menjadi elemen terpenting di mana kampanye
tersebut mampu memberi dampak pada penguatan merek, performa bisnis, hingga
manfaat bagi masyarakat.
Adapun dewan juri Indonesia Branding Campaign of the Year
tahun ini, antara lain Taufik (Deputy Chairman MCorp), Janoe Arijanto (Ketua
Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia/P3I), Boy Kelana Soebroto (Ketua
Umum Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia/PERHUMAS), Alexander Mamby Aruan
(Direktur LSPR), dan Sigit Kurniawan (Editor in Chief Marketeers).
Penghargaan kepada para merek pemenang dilakukan pada acara
The Ninth WOW Brand, Pestanya Orang Brand yang digelar di The Ballroom,
Djakarta Theater, Kamis, 7 Maret 2024.
Penghargaan langsung diberikan oleh para anggota dewan juri.
Merek-merek mana saja yang menjadi pemenang Indonesia
Branding Campaign of the Year 2024?
Inilah
merek-merek pemenang Indonesia Branding Campaign of The Year 2024:
Perusahaan
Pemenang Judul Kampanye Kategori, Mandiri Utama Finance Silver Winner Wujudkan
Semua Mimpi ATL, Asuransi Astra Gold Winner Peace of Mind BTL, Astra
International Silver Winner Cenderamata BTL, SSPACE Bronze Winner ROAS Campaign
BTL, Lion Parcel Gold Winner Chief Eksentrik Officer Public Relations, Asuransi
Astra Silver Winner #perempuanbermakna Public Relations , Mandiri Utama Finance
Bronze Winner Wujudkan Semua Mimpi Public Relations, Binus Business School Gold
Winner. (Tim Liputan).
Editor : Aan