BI Gelar Opening Saprahan Khatulistiwa 2024

Editor: Redaksi author photo

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Ibu N. A. Anggini Sari, Pj. Walikota Pontianak, Bp. Drs. Ani Sofian, MM, Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat

KALBARNEWS.CO.ID (PONTIANAK)
- Di tengah upaya untuk terus menjaga dan mengakselerasi momentum pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat yang masih berlangsung, bertepatan pada periode perayaan Tahun Baru imlek dan Cap Go Meh, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) serta Dinas Koperasi dan UKM (DiskopUKM) Provinsi Kalimantan Barat, Kab/ Kota se-Kalimantan Barat serta stakeholders kembali menyelenggarakan Strategic Flagship Program.

 


Yakni "Semarak Pariwisata, UMKM, dan Keuangan Kalimantan Barat (Saprahan Khatulistiwa) 2024" Event tahunan ini merupakan tahun ke-4 penyelenggaraan dengan tema "Sinergi dan Inovasi Peran UMKM, Pariwisata, dan Keuangan Digital Go Global sebagai Akselerator Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan di Kalimantan Barat pada tanggal 17-23 Februari 2024 secara hybrid di Pontianak Convention Center. (17 Februari 2024).

 


Saprahan Khatulistiwa 2024 secara resmi telah dibuka oleh Pj. Gubemur Provinsi Kalimantan Barat, Bp. dr. Harisson M.Kes, didampingi oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Ibu N. A. Anggini Sari, Pj. Walikota Pontianak, Bp. Drs. Ani Sofian, MM, Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat,  Windy Prihastari Harisson, dan Dekranasda Kota Pontianak, Anita Ani Sofian, serta dihadin oleh OPD Provinsi Kalimantan Barat, Perbankan, dan Instansi Vertikal. Agenda pembukaan Saprahan Khatulistiwa 2024 ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita bunga, dilanjutkan dengan kegiatan kunjungan booth UMKM wastra dan kuliner, pariwisata, dan pojok kopi.

 

 

Pj. Gubernur Provinsi Kalimantan Barat dan Pj. Walikota Pontianak juga menyempatkan melakukan manual brewing experience variasi kopi liberika Kayong Utara dan Kapuas Hulu Saprahan Khatulistiwa Expo menghadirkan showcase lebih dari 50 UMKM dan pariwisata unggulan dari 14 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat

 

“UMKM Expo di Pontianak Convention Center (PCC) yang dengan menghadirkan UMKM binaan Bank Indonesia, DiskopUKM, serta desa wisata Disporapar Provinsi Kalimantan Barat, serta layanan informasi dan edukasi bagi pengunjung, diantaranya penggunaan sistem pembayaran digital QRIS, Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Perlindungan Konsumen, dan lainnya. Selain itu, akan ada berbagai lomba dan permainan untuk mendukung sektor UMKM, panwisata, dan keuangan Kalimantan Barat diantaranya Coffee Competition, Cosplay Coswalk Competition, dan Saprahan Band Competition,” ungkapnya.



Rangkaian kegiatan ini di mulai pada tanggal 17 Februari 2024, Pembukaan Saprahan Khatulistiwa 2024 di Pontianak Convention Center (PCC), 18 Februari 2024 Semarak OMEGA Khatulistiwa: Jalan sehat bersama Forkopimda Kalimantan Barat dan Zumba yang dibuka untuk masyarakat umum di Pontianak Convention Center (PCC).

 


“Untuk tanggal 19 Februari 2024 kami mengadkan kegiatan Edukasi dan literasi keuangan "Ngander Kapuas Vol. 2 dan Forum Anak Muda Berkarya untuk memberikan edukasi dan meningkatkan literasi keuangan serta mendorong jiwal kewirausahaan peserta millenial dan Gen Z secara offlinedi Pontianak Convention Center (PCC) dan online melalui platform zoom,” jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat

 


Talkshow "Optimalisasi Pemanfaatan Local Currency Settlement (LCS) dalam Mendukung Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Barat melalui Peningkatan Daya Saing Antarnegara dengan narasumber Bank Indonesia, Bank Appointed Cross Currency Dealer (ACCD), dan Dirjen Bea dan Cukai Kalimantan Barat.

 


Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat menambahkan utk tanggal 20 Februari 2024 diadakan Forum Coffee Go-Global untuk mendorong perluasan pasar komoditas kopi melalui ekspor di Pontianak Convention Center (PCC).

 


“Sedanagkan untuk tanggal 21 Februari 2024 diadakan Sosialisasi ketentuan perizinan dan reorganisasi Asosiasi Pengusaha Valuta Asing (APVA) untuk mendukung kelancaran transaksi keuangan Kalimantan Barat di Pontianak Convention Center (PCC) dan Business matching dan capacity building UMKM untuk mempertemukan UMKM potensial dengan industri lasa Keuangan dan aggregator ekspor di Pontianak Convention Center (PCC)

 


 Untuk agenda tanggal  22 Februari 2024 Seminar pariwisata dan ekonomi kreatif serta Rakornas pariwisata yang mana Kalimantan Barat menjadi tuan rumah event pelaksanaan kegiatan dimaksud dengan menghadirkan narasumber dari Kementerian Panwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan 200 peserta Dinas Pariwisata seluruh Indonesia di Pontianak Convention Center (PCC)

 


“Kemudian untuk tanggal  23 Februari 2024 adalah Acara puncak Saprahan Khatulistiwa 2024 di Pontianak Convention Center (PCC), disinergikan dengan peluncuran Calender of Event Kalimantan Barat 2024, dan pembukaan Rakornas pariwisata 2024 oleh Pj. Gubernur Kalimantan Barat, Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia, serta mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Pada acara puncak ini juga akan diselenggarakan fashion show yang menampilkan busana dengan bahan wastra Kalimantan Barat, serta akan digelar Gerakan Pasar Murah (GPM) dalam rangka

 


upaya pengendalian inflasi di daerah b. Puncak Kalbar Food Festival dan Pemecahan Rekor MURI Sotong Pangkong di Ayani Megamall Pontiana, jelas Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat

 


Seluruh penyelenggaraan rangkaian Saprahan Khatulistiwa 2024 dilaksanakan juga sebagai bentuk dukungan dalam berbagai program nasional diantaranya mendorong implementasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Nasional Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), juga mendorong transformasi digital UMKM dan peningkatan jumlah artisan UMKM seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

 


“Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat bersama Pemerintah Daerah akan terus bersinergi dan berkomitmen menjadikan Saprahan Khatulistiwa sebagai eventyang diselenggarakan setiap tahun untuk mendukung pengembangan sektor UMKM, pariwisata, dan keuangan Kalimantan Barat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat,” tutupnya. (Tim Liputan)

Editor : Aan

 

 

Share:
Komentar

Berita Terkini