Uray Henny Novita: Sertifikasi Hotel Berbintang Di Kubu Raya Guna Tingkatkan Kualitas Pelayanan

Editor: Redaksi author photo
Ketua BPC Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kubu Raya, Uray Henny Novita

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) – Untuk Pertama kalinya Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) BPC Kubu Raya bersama Disporapar Kubu Raya melakukan sertifikasi sejumlah Hotel di Kabupaten Kubu Raya.

 

Sertifikasi tersebut dipusatkan di Hotel Qubu Resort, Jalan Arteri Supadio Km. 12,8 Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat pada hari Kamis (28 Desember 2023) lalu.

 

Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kubu Raya, Uray Henny Novita mengungkapkan  bahwa kegiatan sertifikasi Hotel Berbintang ini perrtama kali dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya.

 

Uray Henny Novita Mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan Kualitas Pelayanan dengan standar-standar yang telah ditetapkan oleh tim Auditor sertifikasi Hotel berbintang.

 

"Tentu PHRI Kubu Raya ini harus dibentuk dengan tujuan agar dapat meningkatkan silaturahmi dengan Hotel dan Restauran yang ada di Kubu Raya dan dengan kegiatan-kegiatan nyata yang ada, Kabupaten Kubu Raya ini menjadi nilai lebih untuk tingkat servis dalam pelayanan untuk costumer," katanya.

 

Selain itu, ia juga meyakini bahwa Hotel dan Restauran yang ada di Kabupaten Kubu Raya tidak kalah bersaing dengan tingkat kota dan nasional.

 

"Kami tidak muluk-muluk yang jelas kami terus berusaha memberikan yang terbaik dan terus memperjuangkannya agar menjadi lebih baik lagi," ungkapnya.

 

Tak hanya itu saja, Uray Henny juga mengatakan pihak hotel dan restauran harus melek tentang perkembangan perhotelan secara nasional.

 

"Karena kalau tidak menentukan dan ditentukan kualifikasi itu akan rugi. Kubu Raya ini kan juga sering di kunjungi dan kedatangan tamu nasional serta internasional bahkan juga tamu-tamu dari negara jiran," tuturnya.

 

Dengan ini dirinya berharap agar tidak hanya hotel saja, tapi juga tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Kubu Raya bisa mendunia untuk kedepannya.

 

Pada kesempatan yang sama, Tim Auditor PT. Supi, Anzar mengungkapkan terkait dengan sertifikasi usaha ini pemerintah Kabupaten Kubu Raya menunjuk pihak swasta untuk melakukan sertifikasi.

 

"Tentu tujuannya dimana hotel itu harus berdasarkan bintangnya, juga harus menyesuaikan fasilitasnya. Seperti bintang 4 itu memiliki kolam renang, SPA dan GYM itu merupakan fasilitas hotel bintang 4," katanya.

 

Disamping itu, Anjar mengatakan pada dasarnya, hotel bintang 4 juga diwajibkan untuk melakukan sertifikasi karyawan lantaran pelayanan ini akan memberikan dampak secara luas.

 

"Dengan hal kecil saja seperti senyum kemudian cara berbicara kepada pelanggan sudah memberikan dampak positif. Jadi yang kita nilai disini apakah pengajuannya sesuai dan tidak terlepas dari legalitas-legalitas itu sendiri, sehingga hotel itu layak untuk memiliki bintang 4 dan sebagainya," ungkapnya.

 

Membuka acara sertifikasi tersebut, Kepala Disporapar Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat juga tampak menyampaikan apresiasinya karena sertifikasi ini sangat bermanfaat dari sisi pengembangan baik itu fasilitas, sarana-prasarana dan kualitas pelayanan.

 

"Kami sangat mengapresiasi dan tentunya kami berharap perhotelan dan restauran di Kubu Raya ini punya nilai yang baik untuk mendapatkan sertifikasi berbintang untuk meningkatkan hunian dan pariwisata yang ada di Kabupaten Kubu Raya," katanya.

 

Tak hanya itu saja, ia juga berpesan agar pihak PHRI juga memberikan pelatihan khusus agar dapan memberikan pelayanan terbaik dan semakin menanjak.

 

"Pesan kami agar tidak hanya memberikan sertifikasi saja tapi juga pelatihan-pelatihan terbaik agar bisa memberikan yang terbaik dan lebih menanjak lagi kedepannya," pungkasnya. (tim liputan).

 

Editor : Heri

Share:
Komentar

Berita Terkini