Gunakan Pakaian Adat Nusanatara, Pemkab Sintang Gelar Upacara Peringati HUT Provinsi Kalbar Ke 67

Editor: Redaksi author photo

Gunakan Pakaian Adat Nusanatara, Pemkab Sintang Gelar Upacara Peringati HUT Provinsi Kalbar Ke 67

KALBARNEWS.CO.ID (SINTANG)
- Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan upacara untuk memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Barat yang 67 Tahun 2024 di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Senin, 29 Januari 2024.


Wakil Bupati Sintang Melkianus yang menggunakan pakaian tradisional Jawa bertindak sebagai pembina upacara. Hadir pada upacara tersebut Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, anggota Forkopimda, mahasiswa, pelajar dan jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang yang semua menggunakan pakaian adat nusantara.


Melkianus Wakil Bupati Sintang dalam amanatnya yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Barat mengajak peserta upacara dan seluruh masyarakat Kabupaten Sintang agar terus mengisi pembangunan sekaligus merawat Provinsi Kalimantan Barat tercinta agar tetap rukun, aman, damai dan sejahtera.


“Upacara peringatan hari ulang tahun ke-67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang kita laksanakan ini dapat dilihat dari dua sisi. Pertama, peringatan hari ulang tahun ini dapat menjadi momentum untuk merefleksikan diri terhadap apa yang telah dilakukan dan dicapai selama ini. Kedua, peringatan hari ulang tahun ini dapat dipandang sebagai batu loncatan guna mencapai prestasi yang lebih baik dan lebih tinggi dari masa sebelumnya,” terang Melkianus.


Melkianus mengatakan kemajuan dan capaian pembangunan di Kalimantan Barat pada saat ini sesungguhnya adalah dedikasi dan buah perjuangan para pemimpin Kalimantan Barat terdahulu. Mereka memiliki kemampuan leadership dan manajerial serta dengan dukungan seluruh pemangku kepentingan yang ada.

 

“Tidak hanya itu, kemajuan Provinsi Kalimantan Barat pada hari ini juga adalah buah dari kerja keras kita bersama, seluruh Aparatur Sipil Negara, baik di lingkup pemerintah provinsi dan juga pemerintah kabupaten/kota. Hasilnya, kontribusi kita bersama telah terbukti secara nyata memajukan daerah kita tercinta, Provinsi Kalimantan Barat,” tambah Melkianus.

 

Wakil Bupati Sintang juga menyampaaikan perkembangan indikator makro kinerja umum yang telah dicapai Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat seperti pada tahun 2023 Indeks Pembangunan Manusia Kalimantan Barat masuk pada kategori Tinggi dengan capaian indeks 70,47%, angka pertumbuhan ekonomi mencapai 4,27% pada triwulan III tahun 2023, sejak tahun 2021 Provinsi Kalimantan Barat sudah terbebas dari desa yang berstatus sangat tertinggal. Desa mandiri pun bertambah secara signifikan menjadi 877 desa di tahun 2023.

 

“Keberhasilan lainnya adalah tingkat pengangguran terbuka tahun 2023 sebesar 5,05%, dibawah angka nasional sebesar 5,32%. Angka kemiskinan tahun 2023 turun menjadi 6,71%, dibawah angka nasional sebesar 9,36%,” terang Wabup Sintang. (Tim Liputan)

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini