Tokopedia Beauty Awards 2023 Versi Pilihan Masyarakat Indonesia
KALBARNEWS.CO.ID (JAKARTA) - Tokopedia melalui
ajang penghargaan tahunan Tokopedia Beauty Awards (TBA) 2023 mengumumkan 32
produk terbaik dari pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh versi pilihan
masyarakat. Sepanjang tanggal 23 Oktober-19 November 2023, Tokopedia telah
mengumpulkan ratusan ribu votes yang terkumpul melalui halaman khusus di aplikasi
Tokopedia. (7 Desember 2023)
“Ajang penghargaan
Tokopedia Beauty Awards telah hadir sejak tahun 2020 dan konsisten menjadi upaya
Tokopedia untuk mengapresiasi serta mengusung produk-produk kecantikan dan
perawatan tubuh terbaik pilihan masyarakat Indonesia, baik perempuan maupun
laki-laki. Dalam menentukan para pemenangnya, kami menggandeng para pengguna
Tokopedia untuk voting kepada brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya,”
ungkap Vice President of Physical Goods Tokopedia, David Kartono.
“Sepanjang periode
pemilihan, Tokopedia telah mengumpulkan ratusan ribu votes dari seluruh Indonesia.
Tokopedia sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memberikan suara kepada
brand kecantikan dan perawatan tubuh pilihannya lewat Tokopedia Beauty Awards
2023,” tambah David.
Pemenang Tokopedia
Beauty Awards 2023 dipilih berdasarkan beberapa kriteria, mulai dari popularitas
brand di media sosial mainstream, peningkatan penjualan yang signifikan, hingga
perkembangan produk mereka, seperti seberapa sering dicari masyarakat di
Tokopedia.
“Kami memberikan
banyak keuntungan untuk para pemenang Tokopedia Beauty Awards. Mulai dari modal
pemasaran produk atau toko berupa saldo beriklan ‘TopAds’, badge TBA 2023
untuk meningkatkan kepercayaan pembeli
hingga pelatihan terkait manajemen bisnis dari pakar industri,” jelas David.
Beauty Expert dan
Co-Founder Venas Consulting, Affi Assegaf, juga mengungkapkan, “Kini para pelaku
usaha di industri kosmetik, khususnya brand lokal, makin inovatif dalam
menawarkan produk terbaik kecantikan dan perawatan tubuh untuk masyarakat Indonesia.
Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya minat akan produk lokal di pasaran.
Saya sangat mengapresiasi Tokopedia karena sudah kasih panggung luas untuk para
pegiat usaha di industri kecantikan, khususnya brand lokal. Rasa bangga
menggunakan buatan Indonesia memang sudah seharusnya kita pupuk bersama-sama.”
Tokopedia mendorong
geliat industri kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia lewat berbagai
upaya Kini ada lebih dari 14 juta penjual di Tokopedia, termasuk dari industri
kecantikan dan perawatan tubuh, dimana hampir 100%nya UMKM. Pemerintah juga mencatat
bahwa kontribusi industry kosmetik terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023
mencapai 3,83%.*
Tokopedia juga
terus melakukan berbagai upaya bersama para mitra strategis agar para pelaku
usaha di industry kecantikan dan perawatan tubuh bisa mendapatkan panggung
seluas-luasnya.
“Salah satunya
adalah inisiatif Hyperlocal Tokopedia yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk
mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada. Dengan
Hyperlocal, para penjual bisa memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan
berkembang, tanpa harus pindah ke kota besar. Pembeli pun bisa beli produk
kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien,” ujar Category
Development Senior Lead Tokopedia, Stefanie Yuli.
Ada beberapa
contoh inisiatif berpendekatan Hyperlocal, mulai dari Kumpulan Toko Pilihan (KTP),
halaman kurasi produk penjual terdekat dari lokasi pembeli. Ada juga layanan
pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia yang memungkinkan penjual menitipkan
produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.
Seluruh pesanan, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengantaran ke kurir hingga
penanganan kendala, akan ‘dilayani oleh Tokopedia’.
Tokopedia juga
konsisten menghadirkan banyak kampanye online untuk membantu masyarakat mendapatkan
produk yang relevan. Contohnya, Tokopedia Beauty yang mengusung berbagai kebutuhan
produk seperti kecantikan dan perawatan tubuh dengan promo menarik. Ada juga
promo WAR Diskon Tokopedia, yang memungkinkan masyarakat belanja online lebih murah.
WAR Diskon Tokopedia pun disambut dengan sangat baik oleh masyarakat.
“Promo ini turut berkontribusi
dalam mendorong peningkatan transaksi sejumlah brand lokal kecantikan dan perawatan
tubuh di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan 12 kali lipat pada 10 Oktober 2023
(momen 10.10) jika dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan September
2023,” jelas Stefanie.
“Kami berharap
deretan upaya ini dan ajang penghargaan TBA bisa mendorong kemunculan lebih banyak
pelaku usaha, khususnya UMKM lokal, di industri kecantikan dan perawatan tubuh,
serta membuat produk lokal makin menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,”
tambah Stefanie.
Langkah ini
sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeroes), yaitu Nol Hambatan
(Zero Barriers), yang bertujuan untuk membantu pelaku usaha menciptakan peluang
tanpa hambatan lewat ekosistem GoTo, termasuk Tokopedia.
Tokopedia ungkap
tren belanja online produk kecantikan dan perawatan tubuh di semester I 2023,
penjualan produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat Berkat kolaborasi
yang dilakukan Tokopedia dengan para mitra strategis selama ini, tercatat
berbagai dampak positif selama semester I 2023 saat pascapandemi dibandingkan
semester II 2019 saat prapandemi.
Jumlah transaksi
produk perawatan wajah naik hampir 2 kali lipat di semester I 2023 saat
pascapandemi dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi. Sedangkan, jumlah transaksi
produk perawatan tubuh naik hampir 3 kali lipat.
“Dari segi jumlah
penjual, pada periode yang sama, produk perawatan tubuh mengalami kenaikan jumlah
penjual hampir 2 kali lipat. Sedangkan dari segi jumlah pembeli, Tokopedia
mencatat jumlah pembeli produk kecantikan naik hampir 2 kali lipat. Di sisi
lain, jumlah pembeli produk perawatan tubuh melonjak lebih dari 4 kali lipat,”
jelas Stefanie.
“Selama semester I
2023 kami mencatat beberapa produk yang paling laris. Misalnya di kategori produk
Perawatan Wajah serta Kecantikan, produk yang paling laris adalah cleanser
wajah, serum wajah dan krim wajah, sedangkan produk yang paling laris di
kategori produk Perawatan Tubuh yaitu sabun mandi, shampoo dan parfum,” ungkap
Stefanie.
Tokopedia juga
mencatat temuan menarik di berbagai daerah. Misalnya, Sumatera Selatan, Bali dan
Sulawesi Selatan merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah
transaksi produk perawatan wajah selama semester I 2023 pascapandemi
dibandingkan semester II 2019 saat prapandemi, dengan peningkatan rata-rata
hingga hampir 3 kali lipat.
Di sisi lain,
Riau, D.I. Yogyakarta dan Bali tercatat sebagai beberapa daerah dengan kenaikan
tertinggi jumlah transaksi produk perawatan tubuh, pada periode yang sama,
dengan peningkatan rata-rata hingga hampir 4 kali lipat.
“Sedangkan
Lampung, Sulawesi Selatan dan Bali menjadi beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi
jumlah transaksi produk kecantikan, masih dalam periode yang sama, dengan peningkatan
rata-rata lebih dari 2,5 kali lipat,” tutup Stefanie. (Tim Liputan)
Editor : Aan