Saat Kunjungi Warga Yang Terdampak Banjir Di Kubu Raya, Mensos Tri Rismaharini Sampaikan Ini

Editor: Redaksi author photo
Mensos Tri Rismaharini Kunjungi Warga Yang Terdampak Banjir Di Kubu Rayai

KALBARNEWS.CO.ID (KUBU RAYA) - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini kunjungi dan tinjau langsung lokasi  di Kabupaten Kubu Raya yang sering dilanda banjir persisnya di jalan Parit Cabang Kiri Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat pada hari Rabu (13 Desember 2023) pagi.

 

Kedatangan Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini didampingi langsung Wakil Bupati (Wabup) Kubu Raya, H Sujiwo, SE, M.Sos dan Kepala Dinas Sosial, Wasilun serta Kepala Desa Teluk Kapuas serta pejabat daerah lainnya dan meninjau langsung perumahan warga yang terdampak banjir.

 

Pada kunjungannya di Kubu Raya, Menteri Sosial meminta kepada pemerintah daerah agar menyiapkan embung sosial untuk mengantisipasi awal menghadapi bencana banjir.

 

"Pada dasarnya kita tidak ingin bencana banjir ini terus meluas dan besar sehingga mengganggu aktivitas masyarakat di sini. Untuk itu kita mempersiapkan segala bentuk antsipasi bencana yang terjadi ke depannya," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini saat meninjau perumahan warga terdampak banjir di Cabang Kiri.

 

Menurut Menteri Sosial, embung sangat diperlukan sekali dan harus ada langkah-langkah solusi teknis sederhana lainnya yang harus disiapkan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam mengantisipasi musibah banjir ini.

 

"Untuk menampung air ini tidak perlu menggunakan teknologi yang besar dan mahal, cukup dengan membangun embung saja sudah cukup, karena dengan cara-cara sederhana bisa kita lakukan," ucap Mensos.

 

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengapresiasi atensi dari Menteri Sosial Tri Rismaharini yang mengunjungi rumah warga terdampak banjir di Cabang Kiri ini. Pemerintah daerah segera mengajukan alat berat kepada pemerintah pusat dan perlengkapan lainnya dalam mengatasi bencana di Kabupaten Kubu Raya.

 

"Saya sudah tugaskan kepada Kepala Dinas Sosial dan Plt Kepala BPBD Kubu Raya, untuk segera membangun komunikasi dan mengantarkan pengajuan alat berat itu ke pemerintah pusat," kata Wakil Bupati.

 

Wabup Sujiwo menuturkan, dari jumlah APBD Kubu Raya Rp1,6 triliun itu untuk mengurus wilayah seluas Kabupaten Kubu Raya ini sangat minim sekali untuk mengantisipasi bencana banjir dan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

 

"Ibu menteri saja terkejut dengan jumlah APBD Kubu Raya ini. Tentunya jumlah ini tidak mungkin bisa mengatasi bencana di wilayah Kubu Raya," ucap Wabup.

 

Menurut Wabup Sujiwo, kehadiran Menteri Sosial Tri Rismaharini ini sebagai bentuk dukungan dan solusi yang diberikan pemerintah pusat.

 

"Khusus di Cabang Kiri ini kedepannya kita siapkan embung dan lumbung pangannya. Saya juga minta kepada Kepala Desa Teluk Kapuas Abdul Halim untuk segera mengajukan pembuatan embungnya," ujar Sujiwo.

 

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kubu Raya telah menyalurkan bantuan sebanyak 57 karung untuk 57 KK di Parit Cabang Kiri yang berada di dua desa, Desa Teluk Kapuas dan Desa Parit Baru. (tim liputan).

 

Editor : Aan

Share:
Komentar

Berita Terkini